Pelantikan IKABSU Kabupaten Lingga Ditunda

InDepthNews.id (Lingga) – Pelantikan Ketua Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU) Kabupaten Lingga di Tunda, hal ini terjadi karna belum adanya musyawarah dan Mufakat dari semua tokoh asal Sumatra Utara yang berada di Kabupaten Lingga untuk menentukan Ketua atau Pengurus IKABSU di Kabupaten Lingga.

“Kami tidak setuju kalau IKABSU Kabupaten Lingga ditunjuk langsung oleh Pengurus IKABSU Provinsi Kepri. Setidaknya IKABSU Kabupaten Lingga harus melakukan Musyawarah terlebih dahulu, karna organisasi ini organisasi besar yang membawa nama Sumatera Utara,” ungkap beberapa perwakilan tokoh asal Sumatera Utara di Polres Lingga, Sabtu (25/5/2024).

Adapun tokoh masyarakat yang menolak pelantikan IKABSU di Kabupaten Lingga , antara lain Ketua Ikatan Keluarga Batak Kabupaten Lingga (IKBKL) Ketua Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Lingga, Batak Marsada Kabupaten Lingga, Wakil Ketua Parna Kabupaten Lingga, Pemuda Batak Kabupaten Lingga.

Dengan adanya penolakan yang dilakukan maka Kami kedua belah pihak Antara tokoh tokoh asal dari Sumatra Utara di Kabupaten Lingga bersama pihak IKABSU Provinsi Kepri mengambil kesepakatan di Polres Lingga Untuk tidak dilaksanakan Pelantikan IKABSU Kabupaten Lingga Kedatangan Ikabsu Provinsi Kepri hanya silaturahmi kepada masyarakat lingga yang berasal dari Sumatra Utara dan mengharapkan kepengurusan Ikabsu dapat terbentuk di kabupaten lingga pada hari hari yang akan datang.

“Harapan kami dari tokoh tokoh asal Sumatera Utara yang berada di Kabupaten Lingga, mohon agar diadakan Musyawarah terlebih dahulu untuk pembentukan kepengurusan, dan tidak ditunjuk langsung dari Pengurus IKABSU Provinsi, karena ini organisasi besar,” pungkas salah satu Tokoh Masyarakat Sumatera Utara.

IKABSU sebagai organisasi sosial, harus mampu membawa perubahan untuk ikut serta memajukan kabupaten lingga sebagai bunda tanah Melayu yang kita cinta bersama, kita yang berasal dari Sumatra Utara sudah lama disini bahkan punya anak punya cucu tidak pernah ada perselisihan, bahkan daerah ini daerah yang sangat nyaman, Jagan kehadiran IKABSU di Kabupaten Lingga membuat kegaduhan terhusus kepada perantau yang berasal dari Sumatra Utara, karna penunjukan ketua dan pengurus Ikabsu yang dilakukan IKABSU Provinsi Kepri tidak melalui musyawarah kepada tokoh tokoh yang berasal dari Sumatra Utara yang berada di Kabupaten Lingga, ujar Tambunan ketua PBB Lingga.

“Oleh sebab itu Kami masyarakat kabupaten Lingga yang berasal dari Sumatra Utara Menolak Keras Pelantikan IKABSU Kabupaten Lingga Untuk di Lantik Karna belum ada kesepakatan dan musyawarah yang di laksanakan, hanya penunjukan dari IKABSU Provinsi Kepri,” tambahnya.

Akibat penolakan maka kedua belah pihak antara Pengurus IKABSU Provinsi dan masyarakat Lingga dari Sumatra Utara membuat kesepakatan di Polres Lingga, bahwasanya kegiatan yang berlangsung di Depan Gedung Nasional Dabo Singkep bukan Pelantikan IKABSU kabupaten Lingga, melainkan Silaturahmi IKABSU Provinsi Kepri, untuk pembentukan IKABSU kabupaten Lingga.  (Abu)

Comment