Pelajar SDIT Al-Madani Lingga Gelar Buka Puasa Bersama

InDepthNews.id (Lingga) – Dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan, sejumlah siswa SDIT Al-Madani beserta segenap guru dan karyawan menggelar buka puasa sunnah bersama yang bertempat di Masjid Darul Hikmah, Sawin Daik Kabupaten Lingga, Kamis (10/03/2022).

Menurut Kepala SDIT Al-Madani, Sri Wahyuni, kegiatan ini merupakan program dari sekolah yang bertujuan untuk melatih anak-anak berpuasa sedini mungkin.

“Selain itu untuk melatih anak-anak kita agar mereka semangat berpuasa di Ramadhan nantinya, selain itu mengedukasi kepada anak-anak begitu rindunya kita dengan kehadiran Ramadhan, kita sambut kedatangannya dengan memperbanyak puasa”, jelas Sarjana Bimbingan Konseling UIN Suska itu.

Senada dengan hal itu, Ust. Diki Ferdian dalam tausiyahnya menjelang berbuka menyampaikan, bahwasanya apa yang dilakukan oleh anak didiknya pada hari ini adalah merupakan bagian dari cara memuliakan bulan Sya’ban.

Alumni Pondok Al-Iman Bengkulu dan Mahasiswa semester akhir Ma’had Aly An-Nua’imy Jakarta dan STAI Al-Qudwah Jakarta itu juga mengutip Hadits yang menggambarkan Rasulullah SAW memperbanyak puasa Sunnah di bulan Sya’ban.

Selepas berbuka bersama dengan menu takjil yang dibawa dari rumah masing-masing, para siswa melaksanakan shalat Maghrib berjamaah dan dilanjutkan dengan makan malam bersama di salah satu rumah makan di Sawin Daik.

Sementara itu, Rani Wahyuni, salah seorang guru pendamping menyebutkan, untuk kegiatan tersebut diikuti oleh pelajar kelas III dan IV. Menurutnya untuk kelas I dan II akan dilaksanakan pada pekan depan.

“Total anak-anak yang hadir hari ini sebanyak 25 orang, karena sebagian ada yg izin sedang ikut orang tuanya ke luar daerah”, jelas wali kelas IV itu.

“Support dan dukungan para orang tua sangat luar biasa, mereka yang menyiapkan dana untuk makan malam bersama bahkan ada juga yang langsung mendampingi anak-anak”, tambah guru kelas IV itu via pesan WhatsApp.

Menurut Rani, dukungan dan kerjasama para orang tua tersebut perlu diacungi jempol. Ia berharap kelanjutan kerjasama dalam proses pendidikan dan pembelajaran seperti ini tetap bisa berlanjut.

(Abu)

Comment