Peduli Kesehatan Pelaut, BKKP Gandeng KSOP Tanjungpinang Selenggara MCU Bagi Pelaut di Kota Tanjungpinang

InDepthNews.id (Tanjungpinang) – Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) menggandeng Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang, menyelenggarakan Sosialisasi Medical Check Up (MCU) untuk mengatasi Kesehatan para Pelaut dan Tenaga Penunjang Keselamatan Pelayaran, bertempat di ruang rapat kantor KSOP Tanjungpinang, Kamis (3/10/2024).

Turut hadir dalam acara Sosialisasi tersebut, Stakeholder pelayaran, Operator kapal serta keagenan kapal. Dalam sosialisasi MCU, Dokter BKKP, dr.  Alfian Husin MARS, para Pelaut dan Tenaga Penunjang Keselamatan Pelayaran.

dr. Alfian menyampaikan bahwa, “Pentingnya MCU dilakukan oleh calon pelaut atau pun pelaut secara berkala,” ujarnya.

“Kesehatan adalah hal yang termahal di dunia pekerja, dan ada pun MCU bertujuan untuk mengetahui kesehatan fisik secara keseluruhan, jika ada penyakit dan terdeteksi dari awal, maka akan lebih mudah untuk menyembuhkannya, dan juga  sangat di perlukan oleh Pelaut,  karena pekerjaan yang di emban oleh seorang pelaut tidak sama dengan pekerja yang orientasinya di darat” tutur Alfian.

“Seorang pelaut tentunya di tuntut untuk mempunyai fisik yang sehat, dan Juga tidak mau kecelakaan kerja di laut terjadi, maka itu BKKP mensosialisasikan pentingnya kesehatan terutama bagi para pelaut, dan menyelaraskan program kerja KSOP terkait keselamatan pelayaran” jelas Alfian.

Sosialisasi Medical Check Up (MCU) Kesehatan Pelaut dan Tenaga Penunjang Keselamatan Pelayaran bertempat di ruang rapat kantor KSOP Kelas II Tanjungpinang/f: Vins. InDepthNews.id
Sosialisasi Medical Check Up (MCU) Kesehatan Pelaut dan Tenaga Penunjang Keselamatan Pelayaran bertempat di ruang rapat kantor KSOP Kelas II Tanjungpinang/f: Vins. InDepthNews.id

Dalam acara tersebut, peserta di berikan kesempatan tanya jawab terkait program MCU. Hal mendasar yang di keluhkan hampir semua peserta adalah, kurangnya fasilitas di Kota Tanjungpinang untuk melakukan MCU, Sehingga Pelaut harus melakukan MCU di Kota Batam yang mana hal itu akan menambah beban biaya yang cukup besar.

Hal ini seperti disampaikan Jimy salah satu peserta MCU, “Kami sangat terbebani dengan biaya yang cukup besar jika harus melakukan Medical Check Up ke Kota Batam, dan ironisnya Kota Tanjungpinang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau kenapa tidak mempunyai Fasilitas MCU, Kami sangat berharap kedepannya BKKP dapat menghadirkan Klinik MCU di Kota Tanjungpinang,” pinta Jimy.

Saat acara Sosialisasi tengah berlangsung, BKKP banyak menyerap informasi dari peserta Sosialisasi, dan berjanji akan mengupayakan fasilitas MCU hadir di Kota Tanjungpinang untuk kedepannya.

dr. Alfian juga menginformasikan bahwa, “BKKP akan melakukan Medical Check Up (MCU) di kota Tanjungpinang pada tanggal 15 – 18 Oktober 2024. Kegiatan itu akan di laksanakan di Kantor KSOP Kelas II Tanjungpinang,” imbuhnya.

Alfian menghimbau, “bagi para calon peserta yang nantinya akan melakukan MCU, jaga kesehatan dan perbanyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan perbanyak minum air putih, Sehingga saat melakukan MCU, fisik peserta sehat, dan tidak bermasalah, serta secepatnya  dapat Sertifikat MCU berlogo Garuda,” sebut dr. Alfian Husin, MARS.

Kapala KSOP Tanjungpinang Ridwan Chaniago, M.Mar.E menambahkan  “semoga kegiatan yang akan dilaksanakan BKKP di pertengahan bulan Oktober ini, dapat digunakan semaksimal bagi para Pelaut, dan tentunya kami juga berharap BKKP dapat melakukan tugasnya dengan proposional serta cepat dan memudahkan bagi para Pelaut,” ucap Ridwan.  (Vins)

Comment