Pastikan Stok Ketahanan Pangan Tersedia, Dinas Pertanian Bintan akan Wujudkan Gerakan Sejuta Tanaman Pangan

InDepthNews.id (Bintan) – Gerakan Nasional Pemerintah Pusat dan Daerah untuk pemberdayaan Ketahanan pangan di bumi persada tanah air Indonesia bukanlah hanya hiasan semata, namun salah satu prioritas tugas Pemerintah yang berkolaborasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) agar benar-benar hasil Pertanian Masyarakat dapat memenuhi kebutuhan Ketahanan pangan.

Dalam hal ini, salah satu Dinas OPD di Pemkab BIntan yakni Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang berlokasi dijalan Nusantara Km.18 Kijang merupakan ujung tombak untuk mampu mengelola ketersediaan Ketahanan pangan hasil Pertanian Warga.

Demikian penegasan Sekretaris Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian Pemkab Bintan, Aswar. S.Sos saat ditemui awak media IndepthNews.id diruang kerjanya pada Kamis(30/5).

Dikatakan Aswar, Kantor Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian Bintan, sedikit lebih unik dan berbeda dengan Dinas Pertanian yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Perbedaan itu tampak dari pelaksanaan tehnis kerja yang memiliki enam bidang diantaranya; Pertanian (holtikultura), Perkebunan, Peternakan, Pembibitan, Pupuk serta Peralatan.

Dilihat dari keberadaan bidang teknis, lumayan merepotkan, sehingga Dinas ini dalam waktu dekat akan dilebur menjadi 3 hingga 4 bidang saja agar lebih efektif tanpa mengurangi makna serta tupoksi bidang masing-masing.

“Kami sedang mengajukan Kedinasan ini supaya dipersempit bidang tehnisnya, mudah-mudahan akan mendapat persetujuan dari Bupati Bintan, Robby Kurniawan serta DPRD Bintan, ” tutur Aswar serius.

Langkah selanjutnya sambung Dia, pihaknya akan berupaya keras agar stok Ketahanan pangan tersedia untuk kebutuhan Masyarakat dengan sebutan “Sejuta Gerakan Tanaman Pangan” dilahan yang sudah tersedia.

“Termasuk lahan kosong yang ada di pekarangan Kantor nantinya akan kami dihiasi dengan ragam tanaman seperti: Jagung dan tanaman Palawija lainya, artinya biarlah miskin akan infrastruktur namun kaya dalam bidang pekerjaan”, pungkas Aswar. (Robbyn. S)

Comment