Ofick Camat Bunguran Utara Buka Secara Resmi Musrembangdes Tingkat Kecamatan

InDepthNews.id (Natuna) – Camat Bunguran Utara Kabupaten Natuna M. Taufik Hidayat, SE resmi membuka Musrembang Desa yang dilaksanakan di Desa Kelarik Air Mali, Selasa, (10/01/2023).

Maksud dan tujuan dari Musrenbang Desa sendiri adalah Dilaksanakannya model perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah desa/lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa, sedangkan tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya musrenbang desa adalah Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/ tahun yang akan datang dan Menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum musrenbangdes tingkat kecamatan.

“Musrembang Desa se Kecamatan Bunguran Utara, harus selalu memberikan  informasi dan  monitoring terkait Pembangunan Desa, dan  memberikan informasi atau program-program yang di lakukan tiap-tiap desa, dalam hal berbagai perkembangan infrastuktur,” ungkap camat yang akrab disapa Ofick ini, Selasa (10/01/2023).

Dikatakan Ofick, penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) merupakan salah satu dokumen perencanaan pembangunan tahunan di daerah.

Menurutnya, RKPD disusun melalui beberapa tahapan, salah satunya kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang di integrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di kecamatan.

“Musrenbangdes ini melibatkan semua komponen masyarakat, untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun selanjutnya. Yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh berbagai sumber dana baik itu dari APBD kabupaten Natuna, APBD Provinsi dan APBN, ADD, Dana Desa,” papar Ofick

Usai membuka secara resmi camat langsung menuju Desa Kelarik Utara dalam rangka penyambutan rombongan Gubernur Kepri dalam acara peresmian jalan Trans Kelarik-Batubi oleh Gubernur Kepri. (Muh)

Comment