Ngopi Bareng Mafia TPPO, Romo Paschalis Soroti Oknum Penyidik PPA Polda Kepri 

InDepthNews.id (Batam) – Aktivis HAM sekaligus Ketua Komisi Keadilan dan Perdamaian Pastoral Migran dan Perantau (KKPPMP), Chrisanctus Paschalis Saturnus mengungkap dan menyoroti penyidik PPA Polda Kepri yang mengopi bareng dengan mafia Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), pada hari Sabtu (18/05/2024).

Selain itu, aktivis HAM yang akrab dipanggil Romo Paschal ini juga menyebut oknum yang ngopi bareng dengan mafia TPPO itu sudah dilaporkan ke Propam Polda Kepri, di Batam, namun dinyatakan tak kuat bukti, Minggu (19/5/2024).

Romo Paschal sampai rada marah dalam pernyataannya: Orang bodoh juga bertanya, penyidik, kok, sering ngopi sama mafia?

“Begitulah adanya. Tidak ada yang perlu dibangkitkan kalau tidak pernah tuntas memidanakan TPPO apalagi yang menyangkut korporasi,” ujarnya.

Ia pun dengan tegas meminta aparat untuk memenjarakan pelaku utama TPPO sampai tuntas dan semua jaringan yang terlibat.

“Polisi tahulah masak perlu diajarin. Saya tidak perlu ajarin mereka bagaimana caranya. Udah kerjaan mereka tiap hari. Mereka tahu juga kok siapa mafianya. Udahlah gak usah ada dusta di antara kita,” tegas Romo Paschal.

Ia tegaskan, aparat seperti belum menganggap TPPO sebagai masalah yang serius dan prioritas, padahal ini kejahatan kemanusiaan.

“Ini extraordinary crime. Ini kejahatan biadap yang tidak boleh ditanggapi dengan biasa biasa saja,” sebutnya lagi.

Ia katakan, Gugus Tugas yang sudah dibentuk pun tidak ada kedengaran suaranya.

“Cek saja di provinsi dan kabupaten/kota. Ada gak gugus tugas pemberantasan TPPO?, kalau mereka bilang ada, tanyakan lagi apa kerjanya dan pernah gak pertemuan dalam setahun, apa rencana aksi daerahnya?” tukasnya.

Ia juga bertanya, apakah Kapolri tahu secara utuh masalah di Batam (Kepri) terkait TPPO yang seperti tidak menjadi atensi prioritas aparat di sini.

“Saya kuatir beliau terima informasi yang tidak lengkap. Teman-teman media bisa menyuarakan itu sampai ke beliau. Supaya beliau ada sikap tegas terkait ini,” demikian ia tegaskan.

Kembali ke soal laporan mereka ke Propam Polda Kepri terkait pejabat PPA yang ngopi-ngopi dengan mafia TPPO yang dianggap tak cukup bukti, Romo Pascal berjanji akan melapor ke Kapolri.

“Kami tidak akan berhenti, dalam minggu ini kami akan laporkan ke Kapolri soal ini termasuk kerja Propam Polda Kepri yang perlu ditinjau dan dievaluasi,” terangnya.

Sementara Kapolda Kepri, Irjen Yan Fitri yang berusaha ditanya seputar hal ini, belum berhasil dikonfirmasi.  (Vins)

Comment