Meriahkan HUT RI ke-78, Desa Sebong Pereh Adakan Lomba Perahu Jong

InDepthNews.id (Bintan) – Festival Lomba Perahu Jong di Pantai Wan Seri Beni Desa Sebong Pereh yang di adakan oleh Pemerintah Desa Sebong Pereh berlangsung sangat meriah.

Festival yang diadakan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke-78 itu berlangsung selama 2 hari yakni 26 s/d 27 Agustus 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan Ronny Kartika dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan lomba perahu jong sebagai salah satu upaya melestarikan permainan rakyat dan juga bisa menunjang usaha kecil dan menengah.

Bahkan Rony menyarankan agar kegiatan festival lomba perahu jong ini untuk di adakan setiap tahun sekali.

“Kegiatan lomba ini sangat bermanfaat selain melestarikan budaya permainan rakyat juga bisa meningkatkan usaha kecil dan menengah,” kata Rony, Sabtu (26/08/2023).

Perahu Jong merupakan perahu layar ukuran mini yang berlayar tanpa nakhoda. Perahu Jong berlayar ketika ada gelombang, sedangkan arahnya bergantung dengan arah angin.

Alim, panitia kegiatan lomba kepada media ini mengatakan permainan rakyat Jong ini sudah lama tidak diadakan dan diperlombakan khususnya oleh masyarakat pesisir.

“Atas inisiatif itu, maka kami mengadakan rapat bersama perangkat desa Sebong Pereh untuk membentuk panitia kegiatan lomba perahu jong ini, dan Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana,” ujar Alim

Bahari, Kepala Desa Sebong Pereh mengatakan, even yang kita adakan ini memang selama ini tidak pernah di adakan, apalagi seperti perlombaan jong ini, inikan memang permainan masyarakat melayu dan sekaligus sudah tradisi masyarakat yang tinggal di pesisir.

Dia menambahkan, dalam even ini, ada tiga kategori yakni : ketegori 1. Jong Kecil, ukuran di bawah 120 cm, Kategori 2. Jong sedang ukuran 120 cm – 150 cm dan Kategori 3 Jong besar ukuran diatas 150 cm.

“Kegiatan lomba Jong ini, kita laksanakan selama 2 hari yakni hari Sabtu dan Minggu dan diikuti oleh peserta dari desa teluk sebong, desa teluk sasah, desa seri kuala lobam, desa sebong pereh dan desa kuala sempang,” pungkas Bahri. (Handoko)

Comment