Menpan- RB RI Resmikan Mal Pelayanan Publik Kota Tanjungpinang

InDepthNews.id (Tanjungpinang)- Mal Pelayanan Publik Kota Tanjungpinang Resmi dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia ( Menpan-RB ) H. Abdullah Azwar Anas M.Si dengan ditandai pemukulan Gong dan Pengguntingan Pita serta disejalankan dengan Penandatanganan MoU di Jln. Agus Salim Kota Tanjungpinang, Rabu (26/10/22).

Bahwa, kehadiran Mal Pelayanan Publik Tanjungpinang merupakan salah satu inovasi sekaligus langkah strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Adapun hal tersebut bertujuan untuk menjamin kemudahan serta kepastian dalam berinvestasi dan mengurus perizinan digitalisasi pelayanan dihadirkan agar pelayanan lebih cepat mudah dan terjangkau.

Walikota Tanjungpinang H.Rahma SIP mengatakan dalam sambutannya bahwa, Mal Pelayanan Publik kota Tanjungpinang berdiri di atas lahan seluas 19.989 Meter Persegi.

”Pembangunan dilakukan secara bertahap dengan total anggaran 4,8 Miliar sekian dengan rincian tahap 1 pada tahun 2021, untuk renovasi gedung dan sarana pendukung sebesar 2,6 Miliar tahap kedua pada Tahun 2022 unsur renovasi gedung dan sarana pendukung sebesar 2,2 Miliar, ” ucapnya.

Lebih lanjut, meskipun pada tahun tersebut merupakan tahun sulit bagi kita semua melanda dunia namun dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemerintah Kota Tanjungpinang tetap terus melanjutkan renovasi bangunan dan melengkapinya dengan berbagai sarana yang bersumber dari dana APBD Kota Tanjungpinang.

” Alhamdulillah yang insyaallah sebentar lagi diresmikan oleh bapak Menteri Pelayanan Publik kota Tanjungpinang bertempat di kantor walikota letaknya sangat strategis karena berada di pusat kota sehingga masyarakat mudah menjangkaunya ornamen Melayu dalam bentuk ukiran serta ornamen lainnya menyerupai cogan yang merupakan simbol kebesaran dari kerajaan Melayu Riau Linggarjati yang merupakan ciri khas Mal Pelayanan pabrikan Kota Tanjungpinang, ” katanya.

Sementara itu, Masih menurut Rahma, ada 31 instansi yang bergabung dengan 151 jenis layanan di tempat ini. Masyarakat bisa mengurus berbagai macam layanan perizinan dan non perizinan seperti pembuatan KTP, pelayanan haji, dan pengurusan surat tana, perpanjangan paspor, perpanjangan surat kendaraan bermotor, informasi dan pengaduan perizinan persetujuan bangunan gedung serta berbagai pelayanan lainnya.

Adanya Mal Pelayanan Publik kota Tanjungpinang juga merupakan bentuk kolaborasi pelayanan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kota Tanjungpinang Badan Usaha Milik Negara (BUMN), badan usaha milik daerah ( BUMD) serta lembaga yang lainnya tetapi dengan adanya Mal Pelayanan Publik dapat mempersingkat demokrasi dan pelayanan dapat dilakukan di satu tempat.

”Pemerintah Kota Tanjungpinang berkomitmen tidak hanya memberikan fasilitas pelayanan yang nyaman di Mal MPP ini, akan tetapi juga memberikan pelayanan yang Prima pada masyarakat dengan menempatkan petugas yang santun ramah serta memiliki ilmu pengetahuan sesuai bidangnya dalam waktu dekat Pemerintah Kota Tanjungpinang merencanakan akan melakukan kerjasama dengan Bank Mandiri dalam upaya memberikan pendampingan menuju service Excel, terima kasih saya kepada anggota DPRD yang sudah mensupport sehingga terlaksananya gedung MPP pada hari ini semoga MPP benar-benar bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, ” tutupnya.

Sementara itu, dikesempatan yang sama, Menpan-RB H.Abdullah Azwar Anas M.Si mengharapkan adanya MPP ini dapat mendorong berbagai segi kemudahan dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Tanjungpinang.

“ Saya berharap, hadirnya MPP di Kota Tanjungpinang ini dapat menjadi pusat pembelanjaan, dan bukan hanya memberikan pelayanan saja, secara konsisten dan berkelanjutan, serta meningkatkan koordinasi dengan lintas instansi dalam rangka mewujudkan integrasi layanan serta semakin banyak jenis layanan yang dapat diberikan secara cepat, jadi murah, jadi transparan, sesuai yang dibutuhan masyarakat khususnya kota Tanjungpinang ini, dan bisa menjadi contoh untuk Kota lainnya, ” ujarnya dalam konferensi persnya di hadapan Insan Media seusai pelaksanaan peresmian MPP. (Rat)

Editor: Redaksi

Comment