Letda Arh. Herman : Kampung Palimpak Ditetapkan Sebagai Kampung Pancasila

InDepthNews.Id – (Natuna) Pancasila merupakan harga mati yang sampai kapanpun tidak bisa diganti dengan ideologi lain demi keutuhan bangsa dan negara.

Oleh karenanya, desa/kelurahan didorong menjadi Kampung Pancasila, dalam rangka menggaungkan Pancasila agar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak mudah terpecah belah oleh intoleransi.

Salah satunya ialah kampung Pelimpak, Kelurahan Serasan, Kecamatan Serasan, yang terpilih menjadi kampung Pancasila dengan berbagai pertimbangan.

Danramil 06/Serasan, Letda Arh. Herman, yang merupakan penggagas dari kampung Pancasila Pelimpak mengatakan, pihaknya bersama Ormas Pemuda Pancasila, dan Pemerintah Kecamatan setempat sebelumnya telah melakukan survei sebagai bahan pertimbangan.

Letda Herman mengaku, warga Kampung Pelimpak sendiri memiliki sikap toleransi terhadap keberagaman agama, suku, ras dan budaya yang cukup tinggi dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan.

“Kami disini bersama Ormas Pemuda Pancasila, dan Pemerintah Kecamatan setempat sepakat memilih Kampung Pelimpak sebagai Kampung Pancasila, dengan berbagai pertimbangan. Rencananya pada tanggal 1 Agustus mendatang, akan kita lakukan pencanangannya”, ujar Herman. Sabtu, (30/07/2022) pagi.

Lanjut Letda Herman menambahkan, kegiatan Kampung Pancasila ini nantinya akan di perlombakan pada peringatan HUT TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2022.

Sementara Camat Serasan, Rama, mendukung penuh program yang digagas oleh Koramil 06/Serasan ini. Dirinya berharap, dengan ditetapkannya Kampung Pelimpak sebagai Kampung Pancasila dapat memberi motivasi bagi Kampung lain akan betapa pentingnya menjaga toleransi di dalam keberagaman agama, suku, dan ras.

“Kita semua penuh perbedaan karena perbedaan itu penting tetapi bukan berarti kita bermusuhan. Dengan perbedaan kita harus bersatu dan lebih rukun karena kita merupakan warga negara Indonesia yang terbingkai dengan Bhineka Tunggal Ika”, ucap Rama.

Atas nama pemerintah Kecamatan, Rama juga mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Koramil 06/Serasan dan Ormas Pemuda Pancasila dengan inisiatif pencanangan Kampung Pelimpak menjadi Kampung Pancasila.

“Sebagai Pemerintah Kecamatan Serasan, saya mengucapkan apresiasi kepada Koramil 06/Serasan dengan menggandeng Ormas Pemuda Pancasila menjadikan Kampung Pelimpak menjadi Kampung Pancasila”, imbuhnya.

Ucapan yang sama juga disampaikan Ketua MPC Pemuda Pancasila Natuna, Fadillah apresiasi terhadap Koramil 06/Serasan yang turut menggandeng pihaknya dalam menetapkan kampung Pelimpak sebagai Kampung Pancasila.

Menurut Fadillah, kampung Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian warga dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ini harus terus dibina, sebab Kampung Pelimpak masyarakatnya begitu beragam, sehingga apa bila itu tidak dibina dengan baik dan ada oknum yang ingin memecah belah akan mudah sekali terjadi gesekan antar warga”, pungkasnya.

Kampung Pelimpak yang berjumlah penduduk sekitar 800 jiwa bisa dikatakan sebagai miniatur Indonesia, sebab disana kehidupan sosial kemasyarakatan begitu beragam, mulai penganut agama yang bermacam – macam, kesenian dan budaya yang beraneka ragam.

Di Kampung Pelimpak terdapat bermacam suku, diantaranya suku Melayu, Batak, Kampar, Bugis, Minang, Buton dan Tionghoa.
Sementara untuk Agama kepercayaan di sana diantarnya ialah Islam, Kristen, Budha dan Konghucu.

Meski demikian, sikap toleransi di Kampung Pelimpak terbilang tinggi. Terbukti, sepanjang sejarah belum pernah terjadi konflik yang dapat menimbulkan kerugian berbagai pihak dan hidup selalu bergandengan dalam suasana kekeluargaan.

(Wn)

Comment