by

Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI Di Polda Kepri

InDepthNews.id (Batam) – Komisi III DPR RI mengunjungi Polda Kepri dalam rangka Kunjungan Kerja Reses masa persidangan II Tahun sidang 2021-2022.

Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Dr. Ir. H. Adies Kadir, S.H., M.Hum., mengatakan kunjungan Komisi III DPR RI adalah dalam rangka kunjungan kerja Reses masa sidang kedua tahun 2021, untuk mendengarkan masukan-masukan terkait penanganan-penanganan yang dilakukan oleh Aparat penegak hukum di Provinsi Kepri.

“Kami sekaligus melakukan tugas konstitusional kami sebagai anggota komisi III DPR RI yaitu tugas pengawasan, Registrasi dan tugas Anggaran yaitu untuk mengetahui apakah anggaran yang kami berikan kepada mitra sudah betul-betul sampai ke daerah, Kemudian pengawasan yang dilakukan di pusat apakah benar-benar sudah diterapkan sampai dengan tingkat Daerah,’ Ungkap Dr. Ir. H. Adies Kadir, S.H., M.Hum.

Menurutnya, Ada beberapa permasalahan yang menarik di Provinsi Kepri terkait dengan Migran, Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang, khususnya yang paling banyak dari Malaysia, dan saat ini sudah di kanalisasi hanya satu pintu masuk yaitu melalui Kepri, hal ini tentunya bukan hanya menjadi tanggung jawab Kepri sendiri namun juga menjadi tanggung jawab bersama dan Pemerintah Indonesia.

Untuk itu dia berharap, karena pintu masuknya di Kepri jadi mereka ( Migran dan PMI -red) harus betul-betul steril dari Covid – 19, apalagi sekarang ada varian Omicron dan setelah steril baru Pekerja Migran ini dilepas ke daerahnya masing-masing.

“Jadi ini merupakan tugas berat TNI-Polri yang ada disini termasuk juga petugas kesehatan″. Ujar Dr. Ir. H. Adies Kadir, S.H., M.Hum.

″Dari Pemaparannya Pak Kapolda Kepri telah mempunyai strategi khusus dan tadi beliau sudah memaparkan semua, Bagaimana cara mengatasi mulai mereka datang sampai mereka dilepas dan dijaga betul, jadi yang sudah keluar kembali ke daerah tidak ada lagi yang terkena Covid – 19 dan semua sehat,” Jelasnya

Dr. Ir. H. Adies Kadir, S.H., M.Hum juga mengingatkan kepada BNN agar betul-betul konsen terhadap pintu-pintu masuk karena Kepri ini wilayah rawan, pintu masuk barang-barang haram seperti Narkotika.

“Jadi kami juga mengingatkan agar perlu diperhatikan jalur-jalur tikus yang biasa dilewati oleh para pengedar″. Tuturnya

Dr. Ir. H. Adies Kadir, S.H., M.Hum. juga mengatakan bahwa pihaknya juga nantinya akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, agar mengingatkan juga kepada Duta Besar Indonesia yang berada di Malaysia agar hal-hal seperti ini pun harus diperhatikan.

“Para migran ini bisa kembali ke tanah air dengan selamat dan tidak terulang lagi peristiwa yang tidak diinginkan,” pungkasnya

Hadir dalam Kegiatan tersebut Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman M.Si., Wakil Ketua Komisi III DPR RI selaku Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Dr. Ir. H. Adies Kadir, S.H., M.Hum., beserta anggota dan sekretariat Komisi III DPR RI, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepri Hari Setiyono SH, MH, KA BNNP Kepri Brigjen Pol Drs. Henry P. Simanjuntak, MM, PLT Kepala Kanwil Kepulauan Riau Kemenkumham Ramelan Suprihadi, S.Sos., M.Si, Wakapolda Kepri, dan Pejabat Utama Polda Kepri. Kegiatan dilaksanakan di Graha Lancang Kuning Polda Kepri. Sabtu (18/12/2021).

(***)

Comment

News Feed