KSOP Kelas II Tanjungpinang Turut Memperingati Harhubnas yang Ke 53 Tahun 2024

 

InDepthNews.id (Tanjungpinang) – Tanggal 17 September diperingati sebagai Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), yang mana dihari ini menjadi peringatan Nasional, sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK. 274/G/1971 pada tanggal 26 Agustus 1971.

Tak terkecuali Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang, pada hari ini turut memperingati Harhubnas dengan Upacara yang bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Kepulauan Riau.

Pada kesempatan itu, upacara dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri Adi Priantara yang mewakili Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad , dalam rangka memperingati Harhubnas yang ke 53, serta di hadiri Stakeholder sektor perhubungan, TNI-Polri dan Forkopimda.

Dikutip dari portal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia, tema dan logo Hari Perhubungan Nasional untuk tahun ini (2024-red) mengusung tema ”Transportasi Maju, Nusantara Baru”.

Tema dan Logo ucapan Harhubnas KSOP Kelas II Tanjungpinang/F.Dok Indepthnews

Ada pun tema Harhubnas ini memiliki makna semangat kolaborasi dan sinergi dengan seluruh stakeholder sektor perhubungan, bahwa capaian 10 tahun terakhir dapat berhasil karena kerja sama dan keterlibatan dari semua pihak.

Kemenhub juga meluncurkan logo Harhubnas yang melambangkan grafik dua warna, yakni hijau tosca dan emas. Adapun makna logo ini adalah komitmen untuk terus berinovasi meningkatkan pelayanan perhubungan di seluruh nusantara dan skala internasional.

Empat pola menunjukkan bahwa transportasi udara, kereta api, darat dan laut menjadi unsur utama sebagai pelayanan perhubungan. Layanan transportasi diharapkan selalu meningkatkan perekonomian negara serta masyarakat yang terus melaju, tumbuh cepat dengan mobilitas dan aksesbilitas.

Adapun warna hijau tosca bermakna sebagai harapan untuk kesuburan dan keselarasan dalam sektor perhubungan Indonesia. Sedangkan warna emas bermakna sebagai lambang kekayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia yang harus dicerminkan dan dipertahankan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala KSOP Kelas II Tanjungpinang Ridwan Chaniago, M.Mar.E menyampaikan “terimakasih kepada semua stakeholder sektor perhubungan serta instansi yang terkait, yang mana selama ini telah berdedikasi terhadap kemajuan transportasi khususnya transportasi laut” ucap Ridwan.

Lanjut Ridwan juga mengatakan “mari kita bersama dalam kebaikan untuk mewujudkan “Transportasi Maju Nusantara Baru” seirama dengan tema yang diusung oleh kementerian Perhubungan” tutup Ridwan Chaniago (Red/H)

Comment