Kolam Sudah Siap, Kelompok Budidaya Udang Vaname Desa Tinjul Tagih Janji Bupati Nizar

InDepthNews.id (Lingga) – Kelompok budidaya udang vaname Desa tinjul Kecamatan Singkep Barat menunggu janji bupati kabupaten lingga yang akan membantu perlengkapan tambak udang vaname seperti terpal/pelantik, kincir angin dan segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk budidaya udang vaname.

Janji bantuan itu diucapkan langsung oleh Bupati Lingga M. Nizar kepada Abu Bakar selaku ketua kelompok budidaya udang vaname Sekanak Jaya Desa Tinjul Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga sewaktu kunjungan kerja Gubernur Kepri Ansar Ahmad kedesa Tinjul pada Sabtu (20/01/2024) yang lalu.

“Iya kami menagih janji pak bupati lingga, karena saat ini kolam udang budidaya sudah siap, tinggal diisi dengan perlengkapannya saja,” ujar Abu Bakar, Kamis (22/08/2024).

Disebutkan Abu Bakar, kalau bantuan yang dijanjikan oleh pak bupati pada waktu itu kepada dia dan rekan-rekan, yakni berupa peralatan untuk 1 kolam budidaya udang vaname dari pemerintah kabupaten lingga.

“Mendapat anging segar dari bupati lingga, saya selaku ketua kelompok
dan rekan-rekan sangat senang sekali dan bersemangat membersihkan kolam, dan saat ini kolam sudah bersih dan siap untuk digunakan, dan kami lagi menunggu janji bupati melalui DKP kabupaten lingga,” ungkapnya.

Bahkan, lanjut dia, secara resmi dirinya juga sudah menyerahkan proposal bantuan ke dinas perikanan kabupaten lingga 2 (dua) bulan yang lalu.

“Proposal sudah kita ajukan kurang lebih dua bulan yang lalu, dan sekarang kami tinggal menunggu realisasi janji bapak bupati saja,” tegasnya.

Menurut Abu Bakar, budidaya udang vaname di desa tinjul merupakan potensi yang harus dikembangkan karena daya dukung alam yang baik, selain itu juga untuk membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

“Bila 9 buah kolam tambak udang yang ada saat ini saja bisa berfungsi semua maka tidak kurang 50 kepala keluarga bisa menggantungkan hidupnya, artinya selain bisa mengatasi pengangguran juga bisa membuka lapangan pekerjaan, untuk itu dukungan pemerintah sangat kita dibutuhkan,” paparnya.

“Selain itu, dengan adanya tambak udang vaname maka masyarakat juga sudah membantu pemerintah dalam segi ketahanan pangan di desa,” pungkas Abu Bakar. (Red)

Comment