KLM ALINZA III Tengelam di Perairan Tanjung Datuk, Seluruh ABK Berhasil di Selamatkan KRI Lepu-861

InDepthNews.id (Tanjungpinang) -KRI Lepu-861 berhasil menyelamatkan seluruh ABK Kapal KLM ALINZA III yang mengalami kecelakaan di perairan Tanjung Datuk, Kabupaten Lingga, Kepri, Jumat (12/1/2024).

Komandan KRI Lepu-861 Mayor Laut (P) Zul Supri Nazara, dalam siaran Pers di terima media ini menyampaikan kronologis kejadian ini terjadi pada malam tanggal 12 Januari 2024.

”Pukul 23.12 WIB, KRI Lepu-861 menerima informasi mengenai kapal yang tenggelam sekitaran Tanjung Datuk, dengan jarak sekitar 45 Nm dari posisi kapal. Meskipun cuaca tidak mendukung, dengan angin cepat mencapai 20 Knot dan gelombang tinggi, KRI Lepu-861 segera merespons dan bergerak menuju lokasi kejadian untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan, ” katanya.

Kemudian kata Zul, tanggal 13 Januari 2024, pukul 01.30 WIB, KRI Lepu-861 berhasil menemukan lokasi kapal tenggelam, yang ternyata adalah KLM ALINZA III. Dalam operasi penyelamatan yang dilakukan pada pukul 02.00 WIB, seluruh ABK KLM ALINZA III berhasil diselamatkan dalam keadaan sehat.

”Nama kapal yang tenggelam adalah KLM ALINZA III dengan GRT (Gross Register Tonnage) sebesar 99. Kapal ini berangkat dari Pulau Kijang menuju Batam dengan muatan kelapa jambul seberat 172 ton. Kapal tersebut membawa enam ABK, ” kata Mayor Laut (P) Zul Supri Nazara.

Masih kata Mayor Laut (P) Zul Supri Nazara, setelah berhasil menyelamatkan seluruh awak kapal, KRI Lepu-861 melanjutkan perjalanan menuju pangkalan terdekat, yaitu Lanal Tanjung Balai Karimun.

Keberhasilan operasi ini tidak terlepas dari respons cepat dan koordinasi yang baik antara awak KRI Lepu-861 dan pihak terkait. Pihak KRI Lepu-861 dan instansi terkait mengapresiasi kerjasama semua pihak yang turut serta dalam operasi penyelamatan ini. Keberhasilan misi ini menjadi bukti komitmen dalam menjaga keselamatan pelayaran dan keselamatan manusia di laut. (Rat/Red)

Comment