Keren, Desa Pelawan Jaya Jambi Dibekali IoT dari Unama Jambi untuk Budidaya Lele

InDepthNews.id (Sarolangun) – Desa Pelawan Jaya Kecamatan Pelawan menjadi salah satu Desa di Kabupaten Sarolangun yang menerima sarana dan prasarana budidaya lele berbasis Internet of Things (IoT) dari Universitas Dinamika Bangsa (Unama) Jambi.

Serah terima sarana dan prasarana budidaya lele berbasis IoT dari Unama Jambi yang di laksanakan di kantor Desa Pelawan Jaya, Selasa (12/10/2024).

Ibnu Sani Wijaya, S.Kom,. M.Si dari Kampus Unama Jambi, dalam penyampaianya mengatakan, kalau Budidaya ikan lele saat ini merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan di Indonesia, karena selain memiliki permintaan pasar yang tinggi, ikan lele juga merupakan ikan air tawar yang mudah untuk dibudidayakan, namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, penting bagi para peternak untuk memahami teknis materi penyuluhan yang relevan.

“Sarana dan prasarana budidaya lele berbasis IoT dari Universitas Dinamika Bangsa Jambi ini pertama kali diberikan di desa pelawan jaya ini, Kami juga siap membantu tidak hanya teori dan praktek pelaksanannya saja kami juga siap membantu untuk memasarkan hasil panennya,” ungkap Ibnu.

Sementara itu, Firnando Wahyudi, S.Pd.I,. M.Pd, Kepala Desa Pelawan Jaya, mengucapkan terimakasih kepada tim Kampus Universitas Dinamika Jambi, yang telah memberikan Sarana Dan Prasarana Budidaya Lele Berbasis IoT, kepada 5 kelompok Peternak lele di desa pelawan jaya ini.

“Semoga peralatan yang diberikan kepada kami dapat membantu secara teknis dalam meningkatkan penghasilan dari peternakan lele desa kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, Kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat adalah masalah pangan untuk memperkuat ketahanan pangan keluarga maka dilakukan dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia, diantara nya melalui pemanfaatan lahan pekarangan dengan budidaya lele.

Rahmah, selaku Tim Penyuluhan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sarolangun, dalam penyampaiannya mengatakan, sampaikan kepada kelompok perternakan lele, Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat yang di gunakan untuk budidaya ikan lele dalam menjaga ketahanan pangan berpola penyuluhan dan pendampingan.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi yang lebih modern berupa pembuatan kolam terpal sebagai media wadah budidaya ikan lele untuk pembenihan, pembesaran ikan dan panen ikan lele,” ujarnya.

Selain untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani, sambung dia, juga untuk skala rumah tangga, dan juga bisa untuk menambah pendapatan warga dengan mempromosikan hasil panen ikan lele nya

Diapun berharap bantuan saran dan prasarana budidaya lele berbasis IoT ini, dapat membangkitkan perekonomian masyarakat, kelompok masyarakat yang menjadi sasaran memberdayakan nya.

“Kata Kuncinya Ketahanan Pangan, Budidaya Lele, Bangkitnya perekonomian,” tegasnya.

Adapun kegiatan serah terima Sarana dan prasarana budidaya lele berbasis IoT dari Unama Jambi juga dihadiri Rahmah pihak Dinas Perikanan dan Peternakan Sarolangun, Bambang Ketua BPD Desa Pelawan Jaya, Meri Apriani PPL Pelawan Jaya dan Peternak lele dari 5 klompok, penerima bantuan. (DM)

Comment