Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda 2024 di Batam resmi dimulai. Walikota Rudi: Selamat Bertanding Ukir Prestasi untuk Negeri

InDepthNews.id (Batam) – Kejurnas Road Race & Mountain Bike 2024 di Nuvasa Bay, Nongsa Batam Resmi dimulai pada Kamis (20/6/2024).

Sebagai tuan rumah, Wali Kota Batam HM Rudi yang juga sebagai Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kepri mengajak semua pihak menyukseskan Kejurnas yang mendatangkan para atlet sepeda perwakilan 32 provinsi se-Indonesia tersebut.

“Selamat bertanding untuk para atlet, ukir prestasi untuk negeri,” ucap Wali Kota.

Untuk diketahui, Kejurnas Balap Sepeda ini yakni Road Race yang akan digelar di 20-23 Juni 2024. Untuk Road Bike, nomor yang dilombakan adalah Individual Time Trial (ITT), Team Time Trial (TTT), dan Road Race (IRR). Venuenya adalah Nongsa Loops.

Sementara, MTB digelar 26-30 Juni 2024. Peserta MTB akan melewati rute dengan venue Mangsang Bike Park, Tanjung Piayu Kecamatan Sungai Beduk. Nomor yang diperlombakan adalah Cross Country Olympics (XCO), Cross Country Relay (XCR), Down Hill (DH dan Enduro (End).

Adapun, Road race merupakan balap sepeda di jalan raya dengan jarak tempuh yang bervariasi. Pembalap akan start dan finish di tempat yang sama, dan mereka akan berlomba untuk menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan seluruh putaran lintasan.

Sementara MTB merupakan balap sepeda yang dilakukan di medan off-road, seperti hutan, gunung, dan tanjakan. Para pembalap akan berlomba untuk menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan lintasan yang penuh dengan rintangan tersebut.

“Sebagai tuan rumah, Batam siap menyukseskan Kejurnas Road Race & Mountain Bike 2024,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua ISSI Pusat, Jadi Rakagukguk, mengapresiasi Wali Kota Batam yang menyukseskan Kejurnas Balap Sepeda 2024 di Batam.

“Kejurnas ini diikuti 32 provinsi yang terdiri 300 atlet, jika ditambah official sebanyak 500 orang,” katanya.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, menegaskan, Kejurnas tersebut merupakan momen penting di balap sepeda.

“Kejurnas ini merupakan acara yang paling penting di Indonesia dan tahun ini digelar di Batam,” katanya.

Ia mengatakan, dari Kejurnas itu, semua hasilnya, akan tercatat dan akan dilaporkan ke tingkat dunia. Ia juga berharap, melalui Kejurnas di Batam akan lahir atlet-atlet baru yang mampu mengharumkan nama Indonesia.

“Ini proses, dari Kejurnas akan mengukur kemampuan Indonesia di mata dunia,” katanya. (Red)

Comment