Kadis Perikanan Lingga Tinjau Pembukaan Lahan Tambak Udang Vaname di Desa Tinjul

InDepthNews.id (Lingga) – Pembuatan tambak udang vaname di Desa Tinjul Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga mendapat apresiasi dari Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kabupaten Lingga Sutarman.

Apresiasi itu di tunjukkan Sutarman dengan melihat langsung pembuatan 5 petak tambak udang vaname yang berada di Jalan bangsal RT 01 RW 02 Desa Tinjul, pada Senin (15/05/2023) siang.

Didampingi Kepala Desa Tinjul dan Staf Desa Tinjul, Sutarman mengaku kagum dengan geliat pembangunan ekonomi baru bagi masyarakat di bidang perikanan yang dilakukan oleh pemerintah desa Tinjul.

“Saya memberikan apresiasi atas kerja keras Pemerintah Desa Tinjul dalam pengembangan budidaya udang vaname. Saya yakin dan percaya Pemerintah Desa akan mampu mengangkat sektor kelautan dan perikanan menjadi sektor andalan yang pada gilirannya dapat meningkatkan perekonomian desa terutama pendapatan masyarakatnya,” kata Sutarman, kepada awak media ini, Senin (15/05/2023).

Mantan Kabid Pemerintahan Desa ini pun mengaku optimis, tambak udang vaname menjadi komoditi andalan perikanan di wilayah ini.

Sementara itu, Amren Kepala Desa Tinjul menyampaikan bahwa selaku kades tinjul mengaku optimis, budidaya udang vaname kedepannya akan menjadi sentra ekonomi baru di desa Tinjul.

“Bersama seluruh jajaran pemerintah desa, kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengembangkan budidaya udang vaname di desa tinjul ini, apalagi di karenakan di desa tinjul sudah ada satu kolam tambak udang vaname milik kelompok masyarakat yang di bantu dari dinas perikanan kabupaten Lingga yang sudah berhasil bahkan sudah delapan kali panen,” ujar Amren

“Delapan kali panen hanya dengan kapasitas 1 tambak berukuran 35 M2, bahkan sekali panen saja sudah mampu menghasilkan 2,4 ton, mudah-mudahan dengan adanya tambak udang vaname yang dibangun oleh pemerintah desa ini, dengan ukuran 50×50 M2 sebanyak 5 tambak, hasilnya akan lebih memuaskan lagi,” tambahnya.

Diapun berharap, tambak udang vaname milik desa tinjul yang dibangun menggunakan dana desa ini, bisa membantu perekonomian masyarakat desa kedepannya.

“Dan kami dari pemerintah desa tinjul membuka ruang kepada investor yang berminat berinvestasi untuk mengembangkan tambak udang vaname dengan komitmen, ada persentase keuntungan untuk Pendapatan Desa,” pungkas Amren. (Abu)

Comment