Kadis Pendidikan Lampung Selatan Membuka Kegiatan Perkemahan Kwartir Ranting Penengahan.

InDepthNews.id (Lampung) – Memperingati Hari Pramuka Ke – 63 Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) yang mewakili Ka.Kwarcab Lampung Selatan (Lamsel) Membuka Kegiatan Perkemahan Yang di gelar Kwartir Ranting Penengahan, yang merupakan salah satu program kerja, Kwarran Penengahan menggelar perkemahan, yang dihelat di lapangan tepat didepan SDN 2 Kuripan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), pada Selasa (27/8/2024).

 

Dalam acara pembukaan perkemahan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Lamsel Asep Jamhur. Turut hadir Ketua Kwarran Penengahan Sahrudin, S.Pd, Camat Penengahan Muhrizal SE, Korwil Penengahan Robani, Kepala Desa Kuripan Suhatsyah, Babinsa Serda Riwadi N, Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kecamatan Penengahan.

 

Kegiatan tersebut rutin di gelar setiap tahunnya diketahui diketuai Kwarcab Hj. Winarni, Waka I Jony, Waka II Kepala Dinas Pendidikan, Waka III Arifin Rahman, Waka IV Wahidin Amin, dan Waka V Muryadi.

 

Perkemahan tersebut dalam memperingati Dirgahayu Gerakan Pramuka ke-63, tepat pada tangga 14 Agustus setiap tahunnya, sekaligus Dirgahayu Republik Indonesia ke-79, dengan mengusung tema Taqwa, Terampil, Mandiri, dan Berprestasi.

Ihwal tersebut diungkapkan oleh, Ketua Kwarran Penengahan Sahrudin, S.Pd,

“kegiatan ini merupakan rutinitas setiap tahun, dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 63 tahun 2024, yang bertepatan dengan bulan Dirgahayu HUT RI ke 79, dan dalam rangka merealisasikan hasil pembinaan atau latihan peserta didik dari setiap Gudep dalam bentuk perkemahan,” ungkapnya.

 

Dirinya menyebut untuk peserta kegiatan tersebut, “ini kita perkirakan dari 47 sekolah yang ada di Kecamatan Penengahan, atau di Kwarran Penengahan dari tingkat SD, MI sampai dengan tingkat SMA, Aliyah, sekitar 39 Sekolah atau Gudep dengan peserta 69 regu,” terangnya lagi.

 

Lanjutnya, “setiap regu berjumlah 10 peserta, ditambah panitia pendamping 69 orang, panitia 60 orang. Dan perkemahan ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam, dimulai dari hari ini tanggal 27 sampai dengan tanggal 29 pada hari Kamis,” imbuhnya.

 

Sahrudin berharap dengan adanya kegiatan tersebut, peserta didik terbentuk karakter dan mental yang kemudian dapat di eksplementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah, keluarga, maupun di lingkungan tengah masyarakat, dalam menyongsong Generasi Emas 2045.

“Harapan diadakannya perkemahan ini, semakin memotivasi baik itu peserta didik, pembina-pembina yang ada setiap Gugus untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan, pelatihan-pelatihan yang diadakan setiap minggunya di masing-masing Sekolahan yang ada di Kwarran Penengahan.” Pungkasnya.

 

Dalam pantauan, usai dibuka secara resmi, Kepala Dinas Pendidikan bersama Forkopimcam Penengahan melakukan penanaman pohon di halaman warga setempat. (Red)

 

Comment