Jelang Hari Besar Keagamaan Idul Adha, DP3 Lakukan Gerakan Pangan Murah Selama Tiga Hari

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Dalam menstabilkan kebutuhan bahan pokok menjelang lebaran Idul Adha mendatang, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Tanjungpinang melakukan Gerakan Pangan Murah (GPM) di samping Halaman Kantor Camat Tanjungpinang Kota, Selasa (04/06/2024).

GPM ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut sejak hari ini hingga Kamis mendatang dengan tempat yang berbeda, untuk Rabu besok GPM akan berlangsung di Ganet Jalan Bandara RHF Tanjungpinang dan Kamis di Sei Jang Kecamatan Bukit Bestari.

Robert Lukman Kadis DP3 Tanjungpinang menjelaskan dari 10 kali kegiatan GPM yang direncanakan, terakhir sudah terlaksana 4-5 kali sedangkan pada bulan ini dilakukan sebanyak 3 kali menjelang Idul Adha.

“Ini memang kita agendakan untuk menghadapi hari besar keagamaan untuk menstabilkan kebutuhan harga pangan karena beberapa Minggu belakangan ini harga fluktuasi mengalami peningkatan,” jelas Robert.

Dalam kegiatan GPM tersebut dimulai sejak pukul 07:30 WIB pagi, dalam hitungan jam saja warga memborong kebutuhan pokok terutama cabai dan beras.

Untuk harga bahan pokok dalam GPM ini diantaranya beras SPHP Rp58 rb/Kg, Beras Premium Bulog Rp65 rb/5 kg, Gula pasir merek Maniskita Rp14 rb/kg, Daging kerbau beku Rp80 rb/kg.

Minyak goreng Rp13 rb/liter, tepung terigu Rp7,500/Kg, Beras Gajah Merah Rp74 rb/5 Kg, Beras Anak Koki Rp64 rb/5 Kg, Bawang Putih Rp32 ribu/Kg, Bawang Merah Rp24 ribu/Kg, Kentang Rp14 ribu/kg, Wortel Rp16 ribu/kg, telur ayam Rp50 ribu/papan.

“Harga ini sudah kita subsidi Rp1,500 hingga Rp2000 dibawah harga pasar, untuk cabai itu tergantung dari pemasok, sementara minyak cabai beras dan gula sudah ludes dibeli warga sejak pagi,” kata Robert.

Ia menambahkan, stok cabai itu pemasok dari luar, mengingat beberapa waktu terakhir terjadi hujan, selain sejumlah bahan pokok juga dari Bulog, Hypermart, Sari Mart. (Adv/Dinas Kominfo)

Comment