Innalillahi, Satu Lagi Jemaah Haji Asal Indonesia Wafat di Saudi

Uncategorized155 views

InDepthNews.id {Arab Saudi} – Kabar duka datang dari Tanah Suci. Jemaah haji khusus Indonesia atas nama, Rochma Erviana Prastyawati, meninggal dunia, Selasa (21/6/2022) waktu setempat. Jemaah tersebut asal Jakarta berusia 62 tahun.

“Penyebab kematian serangan jantung. Certificate of Date (CoD) nya sudah terbit,” kata Kepala Bidang Pengawas Haji Khusus PPIH, Mujib Roni, kepada Media Center Haji di Madinah, Rabu (22/6/2022).

Peristiwa bermula saat Rochma mengalami sesak napas pada pagi hari pukul 07.40 waktu setempat. Saat itu, yang bersangkutan sedang berada di bus yang sedianya akan melakukan tour kota Madinah.

“Jemaah mengalami sesak napas, kemudian diturunkan dari bus,” jelas Mujib.

Kronologi

Rochma kemudian dibawa kembali ke kamarnya. Terhadapnya diberikan bantuan oxygen (oxycan) serta dilakukan pemberian obat. Tetapi pemberian obat tak mempan, Rochma tetap merasakan sesak napas.

Petugas kesehatan masih terus mengupayakan resusitasi jantung paru (RJP).

Pada pukul 08.15 waktu saudi, tim ambulans medical team tiba dan memeriksa intensif Rochma “Jemaah telah telah meninggal dunia,” katanya.

CoD atas nama Rochmah kemudian terbit. Setelah berkoordinasi dengan petugas PPIH dan KKHI, dibuatkan surat pengantar untuk proses penguburan jenazah.

Lokasi Pemakaman

Jenazah dibawa ke RSAS dibantu oleh Tim Dokter KKHI untuk dilakukan proses pemakaman. Tepat pukul 12.00 waktu Saudi, jenazah dimakamkan.

“Di pemakaman Uhud Kota Madinah,” tutup Mujib.

Wafatnya Rochma menambah daftar jemaah yang meninggal di Madinah menjadi delapan orang. Yakni Suhati, Bangun Lubis Wahab, Bawuk Karso, Muslim Abdul Wahab, Purnomos, Hasbullah, Sugiansyah dan yang terbaru adalah Rochma.

#Laporan dari Arab Saudi

 

Comment