Hadiri Peresmian Sapras Logistik Pangan, Hasan Harap Turut Menjaga Ketersediaan Pangan

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos menghadiri peresmian dan penyerahan sarana dan prasarana logistik pangan, serta bantuan pertanian di Kota Tanjungpinang oleh Gubernur Kepulauan Riau. Kegiatan dilaksanakan di Pelabuhan Roro Dompak, Sabtu (28/10/2023).

Gubenur Kepri, H. Ansar Ahmad, SE, M.M menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pemerintah Provinsi Kepri mendapatkan bantuan sapras logistik pangan dari Badan Pangan Nasional berupa cold storage yang ditempatkan di Kota Tanjungpinang dan container penyimpan daging di kabupaten karimun. “Cold Storage ini dibangun dengan kapasitas 7,5 ton dan mampu menyimpan bahan pangan hingga 3 bulan. Nantinya cold storage dan container ini akan dikelola oleh BUMD Provinsi Kepri. Cold storage dan container itu sendiri akan difungsikan untuk menjaga agar bahan pangan seperti cabai bisa tetap segar dan fresh meski disimpan dalam waktu yang lama,” jelasnya.

Menurutnya, bantuan sapras ini menjadi penting untuk dimiliki di Kepri karena pertimbangan kondisi geografis. “Bantuan sapras ini juga untuk mendukung upaya menjaga ketersediaan bahan pangan yang akan berdampak pada stabilitas harga di Kepulauan Riau. Alhamdulillah capaian angka inflasi di Kepri sudah sangat baik, meskipun Kepri bukan sebagai daerah penghasil dan masih banyak komoditi-komoditi yang didatangkan dari luar. Maka kita harus melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan inflasi, salah satunya adalah mendorong petani dan masyarakat untuk melakukan gerakan menanam cabei secara mandiri atau memanfaatkan pekarangan, karena cabe merupakan salah satu penyumbang inflasi di Provinsi Kepri,” sebut Ansar.

Usai kegiatan, Hasan mengatakan bahwa dengan bantuan logistik pangan ini untuk memfasilitasi ketersediaan pangan dan turut bersyukur karena sapras berupa cold storage ditempatkan di Kota Tanjungpinang. “Tempat penyimpanan ini memang sangat diperlukan untuk menyimpan bahan pangan yang didatangkan agar tetap dalam kondisi segar dan menjaga kualitas pangan tersebut. Karena berada di Tanjungpinang, diharapkan semakin mempermudah proses distribusinya,” ungkap Hasan.

Hasan juga mengucapkan terima kasih atas bantuan pertanian yang diberikan untuk petani di Kota Tanjungpinang. “Terima kasih untuk dukungan kepada Kelompok tani dan Kelompok Wanita Tani (KWT) berupa bibit cabai, bibit sayuran organik, pupuk, juga sarana produksi pekarangan rumah. Mudah-mudahan dengan bantuan ini menambah semangat untuk para petani dan meningkatkan hasil produksi pertanian,” harapnya.(**)

Comment