Gubernur Ansar Resmikan Rusun Mako Brimob Polda Kepri

InDepthNews.id {Batam} – Gubernur Kepri Ansar Ahmad meresmikan Rusun  Mako Brimob Polda Kepri Abrip Partono,  bertempat di Mako Brigade Mobil Kepolisian Daerah Kepulauan Riau, Tembesi Kota Batam,  Kamis (29/12/2022).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, dan diteruskan dengan peninjuan rusun, dengan didampingi  Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman dan para pejabat utama Polda Kepri.

Rusun Mako Brimob yang diberi nama Abrip Partono sendiri, terdiri dari 24 tipe rumah, dimana keberadaanya setara dengan tipe rumah ukuran 36. Dimana rumah tersebut bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri dengan alokasi pagu anggaran sebesar Rp 15 milyar.

Selanjutnya pagu anggaran tersebut dijadikan bangunan 4 lantai yang terdiri dari 3 lantai rusun dan 1 basement sendiri. Anggaran sendiri dilaksanakan selama 2 tahun berturut – turut. Masing -masing  tahun 2021  Rp 9,5 milyar dan tahun 2022 Rp 5,5 milyar.

Menurut Gubernur Ansar, pembangunan rusun oleh Pemerintah Provinsi Kepri, merupakan bagian dari dukungan terhadap pemenuhan sarana dan prasarna kepolisian di Provinsi Kepri. Yang mana alokasinya,  diabil dari pagu anggaran 2021, 2022 dan juga 2023.

“Total pahu dukungan anggaran sendiri mencapai Rp 43 milar, ” jelas Gubernur Ansar.

Dimana sambung Gubernur Ansar, alokasi dukungan tersebut di peruntukan bagi gedung penjagaan Polresta Tanjungpinang sebesar Rp900 juta pada 2021dan pembangunan gedung layanan terpadu satu pintu sebesar Rp 1,4 milyar  tahun 2022.

Juga ada dukungan semenisasi peningkatan jalan di perumahan Mapolda Kepri sebesar Rp3,5 miliar tahun anggaran 2023, semenisasi akses jalan Rusun Mako Brimob Rp200 juta tahun anggaran 2022 dan penataan kawasan gereja Mako Brimob juga Rp200 juta.

Berikutnya dukungan pembangunan Gedung Direktorat Kriminal Khusus Polda Kepri tahun anggaran 2022 sebesar Rp9,4 miliar dan pembangunan rusunawa Mako Brimob Polda Kepri  sebesar Rp 15 miliar, yang baru saja di resmikan.

Gubernur Ansar juga mengakui, sejauh ini baik Pemprov Kepri ataupun Polda Kepri, terus bersinergi dan berkolaborasi diberbagai  kegiatan pembangunan. Seperti pengendalian penanganan pamdemi covid 19, dan pengendalian dampak inflasi dari kenaikan BBM.

Kita juga terus bersinergi dan berkolaborasi dalam pelaksanaan keamanan seperti momentum hari besar keagamaan. Termasuk  juga terus bersama – sama  menjamin keamanan, termasuk pada wilayah perbatasan dan terluar, jelas Gubernur Ansar.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut, Gubernur Ansar menandatangani prasasti peresmian Rusun Mako Brimob Polda Kepri, dengan disaksikan langsung Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman dan juga  Dansat  Brimob Polda Kepri  Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu.

Sedangkan Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman mengucapkan banyak  berterimakasih kepada Gubernur Ansar Ahmad atas nama Pemprov Kepri, yang telah membantu pengadaan kebutuhan dasar berupa perumahan bagi anggota kami.

“Setidaknya, dengan adanya tempat tinggal bagi anggota, maka akan memudahkan setiap personel melaksanaakan tugas secara maksimal, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, ” ucap Kapolda Kepri singkat. (**)

Comment