Gubernur Ansar Lantik Pengurus ORDA ICMI dan IKA UNRI Kabupaten Natuna

InDepthNews.id {Kepri} – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad sebagai Ketua Organisasi Wilayah (ORWIL) Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Kepri melantik Ketua dan Pengurus Organisasi Daerah (ORDA) ICMI Kabupaten Natuna masa bakti 2022- 2027 di Aula 2 Gedung Umum STAI Natuna, Senin (24/10/2022).

Pada kesempatan itu, Ketua STAI Natuna, H. Umar Natuna dilantik Gubernur Ansar untuk memimpin ORDA ICMI Kabupaten Natuna hingga tahun 2027 mendatang berdasarkan Keputusan Majelis Pengurus ORWIL ICMI Kepri Nomor : 002/SK/Orwil-Kepri/VIII/2022.

Di waktu dan tempat yang sama, disejalankan pula Pengukuhan Ketua dan Pengurus Cabang Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA UNRI) Kabupaten Natuna oleh Gubernur Ansar yang juga Ketua Umum Pengurus Wilayah IKA UNRI Kepri.

Hamid Hasnan dikukuhkan Gubernur Ansar sebagai Ketua IKA UNRI Natuna periode 2022-2026 berdasarkan Keputusan Pengurus Pusat IKA UNRI Nomor : 002/IKA-UNRI/Kepri/KTPS/X/2022.

Gubernur Ansar mengawali sambutan dan arahannya dengan menjelaskan keberadaan ICMI ssbagai wadah organisasi cendekia muslim  yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap  pembangunan. Menurut Gubernur, banyak peran yang bisa dilakukan ICMI baik dalam pengembangan SDM maupun fisik pembangunan.

“Konsep dasar keberadaan ICMI adalah pemberdayaan berdasarkan  kebangsaan, keIndonesiaan dan keumatan. Hal ini berarti bahwa  individu yang berada di ICMI harus mampu memperhatikan lingkungan  sekitar. Karena setiap kader ICMI diharapkan memiliki sifat akhlaqul  karimah” ucap Gubernur.

Sementara itu, Gubernur Ansar menjelaskan Universitas Riau (UNRI) adalah salah satu perguruan tinggi negeri  unggulan di Pulau Sumatera. Menurutnya disinilah dahulunya para anak-anak  unggulan daerah merajut harapan dan cita-cita menjadi civitas  akademika yang berwawasan dan bermanfaat bagi daerah nantinya.

“Secara kuantitatif jumlah alumni Universitas Riau di wilayah Provinsi Kepulauan Riau sangat dominan, dan hampir terdapat di  semua bidang kegiatan, seperti Guru, Dosen, Aparatur Sipil Negara,  Anggota DPRD, Pengusaha, Pegiat LSM bahkan masyarakat pada  umumnya. Saya rasa hal yang sama juga terjadi di Kabupaten Natuna” ujar Gubernur Ansar.

Melalui ORDA ICMI dan IKA UNRI di Kabupaten  Natuna ini Gubenur Ansar berharap dapat memberikan peran serta dan  sumbangsih konkrit dalam mendukung dan mendorong pembangunan.

“Saya juga berpesan kepada segenap anggota dan pengurus IKA  UNRI Kabupaten Natuna beserta ICMI Orda Kabupaten Natuna agar  juga dapat berkiprah berkontribusi positif untuk percepatan kemajuan  pembangunan disegala bidang dan daerah, serta juga pencapaian visi  misi daerah Kabupaten Natuna khususnya dan Provinsi Kepulauan Riau  pada umumnya.

Kontribusi positif ini nanti, kata Gubernur Ansar akhirnya akan mampumembantu percepatan pembangunan Natuna juga secara agregat  dapat membantu mewujudkan Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau.

” Tentunya ini menjadi peluang dan tantangan yang menarik bagi  Alumni UNRI dan anggota ICMI Orda Natuna yang telah berkiprah  selama ini di semua bidang pembangunan” tutupnya.

Gubernur Ansar pun berkesempatan memberikan kuliah umum   dengan tema “Pendidikan Transformatif menuju Kedaulatan dan Kemandirian Daerah Perbatasan” di akhir acara. (**)

Comment