Gubernur Ansar Hadiri Sertijab Kepala BPK Perwakilan Kepri

InDepthNews.id {Batam}27/9/2022- Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad menghadiri Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepri dari pejabat lama Masmudi  kepada pejabat baru Jariyatna, bertempat di Kantor BPK Batam Centre, Selasa (27/9/2022).

Turut hadir pada kesempatan ini Audiotor 5 BPK RI Dori Santosa, Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se Kepri, para Sekertaris Daerah kabupaten/kota se Kepri dan para tamu dan hadirin undangan lainnya.

Gubernur Ansar dalam kesempatan ini mengatakan bahwa BPK memiliki peran yang sangat penting, dalam membantu mewujudkan terciptanya pemerintahan yang baik atau good governance  dan  bersih atau clean governance.

Dikatakan Gubernur Ansar, sejauh ini Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga telah 12 kali menerima penghargaan secara berturut -turut atas perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Kepri.

Pun dengan keberhasilan WTP yang dicapai pemerintah baik kota/kabupaten diseluruh wilayah Kepri. Dimana banyak daerah kabupaten/kota,  yang mendapatkan apresiasi atas kinerja laporan keuangan yang dilakukan BPK Perwakilan Kepri.

Penghargaan terakhir sambung Gubernur Ansar, diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani bersamaan dengan  Puncak Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 di Gedung Dhanapala  Kemenkeu RI Jakarta  Kamis 22 September 2022 lalu.

Masih Menurut Gubernur Ansar, capaian WTP adalah raihan tertinggi  atas entitas penyampaian laporan keuangan, berdasarkan hasil pemeriksaan BPK yang disajikan dari pengelolaan anggaran APBD,  baik provinsi atau kabupaten/kota.

“Semoga penghargaan yang kita raih, akan menjadi pemacu kinerja seluruh jajaran pegawai di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kepri, guna bekerja makin  baik lagi, ” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Gubernur Ansar kembali menegaskan, kalau segala bentuk  yang telah dicapai agr bisa terus ditingkatkan  kedepannya. Agar tugas tugas kepemerintahan yang di lakukan, makin membaik dan bisa dirasakan manaafynya oleh masyarakat banyak.

Sementara itu Auditor 5 BPK RI Dori Santosa mengatakan, bahwa sertijab pada hakikatnya,  bukan sekedar acara seremonial belaka.  Namun memiliki arti yang sangat penting, dalam rangka menjaga kontinuitas pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi.

“Melalui momen sertijab ini, bisa  kita gunakan untuk terus menjalin komunikasi, membangun sinergi dan kolaborasi, serta meningkatkan koordinasi dengan semua stakeholder, sebagai mitra kerja BPK, “jelas Dori Santosa.

Lebih lanjut Dori Santosa mengatakan,  sebagai organisasi yang dinamis, BPK secara terstruktur dan sistematis terus melakukan promosi, rotasi, dan mutasi bagi para pejabat serta pegawainya.

Kegiatan tersebut dimaksudkan,  dalam rangka menjaga dan membangun budaya organisasi BPK yang berlandaskan pada nilai-nilai dasar yaknib independensi, integritas, dan profesionlitas, imbuhnya.

BPK tambah Dori Santosa,  juga akan terus berperan mendorong perbaikan kualitas laporan keuangan bagi semua mitra kami, agar bisa memiliki  akuntabilitas yang tinggi dalam menjalankan kinerjanya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima jabatan  dan penyerahan buku memori jabatan dari pejabat lama Masmudi kepada pejabat baru Jariyatna.

Seperti diketahui pejabat lama dalam hal ini Masmudi akan melanjutkan mengemban tugas di tempat baru sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Aceh. Adpaun pejabat baru yakni Jariyanto  sebelumnya adalah Kepala BPK Perwakilan Provinsi Yogyakarta. ( **)

Comment