by

GNRM UMRAH Tahun 2021 Di Desa Malang Rapat Sosialisasikan Pangan Sehat Berbasis Ikan Sebagai Pondasi Awal Tubuh Dalam Melawan Covid19.

InDepthNews.id (Bintan)- Kegiatan Sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) kembali dilaksanakan di Desa Malang Rapat Kabupaten Bintan Provinsi Kepri, dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Tim GNRM UMRAH, Sekretaris Desa Malang Rapat, Babinsa serta Karang Taruna Desa Malang Rapat.

Adapun dalam sosialisasi tersebut Tim GNRM UMRAH menghadirkan Narasumber yaitu, Eka Putra Ramdani. ST., M.Si yang merupakan Dosen Pendidikan Kimia UMRAH dan Dr. Sri Novalina A, S.Pt., MP yang merupakan Ahli Pangan pada Jurusan Teknologi Hasil Perikanan UMRAH.

Dalam pemaparannya Eka Putra Ramdhani, ST. M.Si menekankan pentingnya Nilai-nilai Gotong Royong, Etos Kerja dan Integritas yang harus terus dirawat disaat Pandemi Covid-19.

“Revolusi Mental masih terus berjalan, Revolusi Mental belum selesai, Sekarang kita menghadapi pandemi Covid-19, kita membutuhkan Revolusi Mental untuk menghadapinya dalam bentuk percepatan perubahan perilaku dan disiplin terhadap protokol kesehatan,” Ujar Eka Putra Ramdani

Dijelaskannya, dalam kehidupan sehari-hari, praktik revolusi mental adalah menjadi manusia yang berintegritas, mau bekerja keras, dan punya semangat gotong royong. Apalagi di saat ini tantangan globalisasi budaya, informasi tidak terkendali atau hoaks, tergerusnya nilai-nilai luhur, ancaman terhadap keutuhan bangsa dan negara, hingga menghadapi persoalan pandemi Covid-19.

Pemaparan Oleh Narasumber, Dr. Sri Novalina A, S.Pt., MP, Ahli Pangan Pada Jurusan Teknologi Hasil Perikanan UMRAH.
Pemaparan Oleh Narasumber, Dr. Sri Novalina A, S.Pt., MP, Ahli Pangan Pada Jurusan Teknologi Hasil Perikanan UMRAH.

“Perubahan  perilaku mematuhi protokol kesehatan memang bukan perkara mudah dilakukan karena terkait dengan transformasi dari soft ke strong culture. Adapun istilah strong culture  termanifestasi dalam menjalani kehidupan yang tidak mudah menyerah, disiplin, bersemangat, dan bekerja keras,” Ungkapnya

“Revolusi mental diperlukan untuk mengembalikan karakteristik orisinal bangsa, yaitu santun, berbudi pekerti, ramah, dan bergotong royong. Dalam konteks itu tentu sangat diharapkan program perubahan perilaku yang akan diterapkan guna menegakkan disiplin protokol kesehatan juga sejalan dengan upaya membentuk strong culture dan sebagai wujud konkret dari revolusi mental,” tambah Eka Putra Ramdani

Bahkan, sambungnya program perubahan perilaku untuk mewujudkan strong culture itu diharapkan tidak hanya untuk mengatasi tantangan pandemi covid-19, tetapi juga sebagai momentum untuk meraih kemajuan bangsa. Maka dari itu, amat diharapkan kesadaran segenap elemen bangsa untuk turut berpartisipasi dalam program perubahan perilaku agar disiplin menjalankan Protokol Kesehatan.

“Yakinlah, jika seluruh masyarakat mematuhi protokol kesehatan, penularan pandemi covid-19 secepatnya dapat dihentikan. Maka dari itu, kita dapat kembali menjalani kehidupan normal seperti sediakala,” tutupnya.

Sementara itu, Dr. Sri Novalina A, S.Pt MP dalam pemaparannya terkait pangan sehat berbasis produk perikanan menyampaikan pentingnya konsumsi ikan sejak dini serta peran gizi produk perikanan dalam meningkatkan imun tubuh di tengah Pandemi Covid 19.

“Dengan rutin mengonsumsi ikan berarti membuat daya tahan tubuh meningkat. Tubuh yang prima, tentunya tidak mudah terserang penyakit termasuk virus corona,” kata Sri Novalina yang akrab disapa Ibu Nova.

“Salah satu upapaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan rajin Makan ikan dan itu menyehatkan serta membuat tubuh kita kuat,” jelasnya

Foto Bersama Panitia, Peserta dan Narasumber Kegiatan GNRM UMRAH Di Desa Malang Rapat Kabupaten Bintan.
Foto Bersama Panitia, Peserta dan Narasumber Kegiatan GNRM UMRAH Di Desa Malang Rapat Kabupaten Bintan.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik, Nova juga mengimbau masyarakat untuk memasak ikan dengan cara yang baik dan bersih. Di samping itu, dia juga mengajak masyarakat melengkapi konsumsi ikan dengan sayur dan buah.

“Sampai saat ini, memang belum ditemukan vaksin Covid-19. Sehingga makan ikan, sebagai langkah antisipasi penularan virus Covid-19,” ungkap Nova

“Kekebalan tubuh dapat diperoleh antara lain dengan mengonsumsi zat gizi yang mendukung pembentukan dan mampu meningkatakan respon imun diantaranya yang paling penting adalah protein, vitamin dan mineral yang seimbang. Kebutuhan tersebut dapat di peroleh secara maksimal dari produk perikanan,” Pungkas Nova.

(Redaksi)

Comment

News Feed