GMNI-Jambi: Pembatalan Kenaikan UKT Tahun 2024 Bukan Solusi Jangka Panjang

Jambi8 views

InDepthNews.id {Jambi} – Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia-Jambi (DPC GMNI Jambi) merespon langkah dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) yang membatalkan kenaikan UKT tahun 2024 sebagaimana yang dituangkan melalui Permendikbudristek No. 2 Tahun 2024.

Ketua GMNI-Jambi, Hendro Silaban menilai bahwa pendidikan itu sebagai sarana pengembangan dan kemampuan dan membentuk karakter dan mental setiap anak bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Di dalam konsitusi UUD 1945 tertulis maka tujuan negara kita salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, idealnya pemerintah wajib menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan layak agar dapat diakses siapapun tanpa memandang status sosial ataupun kelas ekonominya,” kata Hendro Silaban, Selasa (28/05/2024).

Hendro juga menanggapi terkait pembatalan Kenaikan UKT pada tahun 2024 oleh Kemendikbudristek yang dinilai bukan solusi jangka panjang kemendikbudristek agar tetap membangun komitmen terhadap pembangunan pemerataan pendidikan yang berkualitas hingga ke pendidikan tinggi.

“Ini harus menjadi komitmen dari pemerintah khususnya Kemendikbudristek, bagaimana melahirkan kebijakan-kebijakan yang benar-benar memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh rakyat indonesia untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas hingga ke pendidikan tinggi demi terwujudnya generasi emas pada tahun 2045,” tutupnya. ( Red )

Comment