Gelar Pelatihan Pencatatan Dan Pelaporan Kekerasan Terhadap Perempuan, Anak Dan TPPO, DP3APM Tanjungpinang Ingin Wujudkan Satu Data Kompilasi Terint

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang gelar pelatihan pencatatan dan pelaporan kekerasan terhadap anak, perempuan dan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Hotel Aston Tanjungpinang, Rabu (17/05/2023).

Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang Rustam menyampaikan, pelatihan ini diikuti 44 peserta dari Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta dan Polsek, Dokter, Bidan Puskesmas, UPTD PPA dan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kelurahan se-kota Tanjungpinang.

“Narasumber pelatihan bapak Sudirman Latif, yang merupakan konselor dan mediator pada Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Gurindam Provinsi Kepri dan Ibu Rita Ramadani yang merupakan fasilitator Sistem Informasi Online (Simfoni) PPA Provinsi Kepri,” jelas Rustam.

Rustam menyampaikan, pelatihan ini dilakukan untuk mewujudkan satu data kekerasan nasional yang bisa diakses secara real time yaitu data Simfoni PPA.

Menurutnya, data kekerasan dimaksud diharapkan merupakan data kompilasi yang terintegrasi dari seluruh unit pelayanan perempuan dan anak dari berbagai institusi.

“Baik itu institusi hukum, institusi pelayanan kesehatan, institusi pelayanan konseling dan pengaduan maupun institusi yang berbasis masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelatihan ini diharapkan dapat tercapai pemahaman yang seragam dari seluruh peserta tentang pentingnya data kekerasan, kesediaan melaporkan secara cepat dan akurat sesuai mekanisme yang benar.

“Sehingga pencegahan dan penanganan kasus kasus kekerasan di Kota Tanjungpinang dapat dilakukan secara cepat dan tepat,” imbuhnya. (Adv Dinas Kominfo)

Comment