Eksis Sebagai Industri Besar, BIIE Bintan Industrial Expo 2024

InDepthNews.id {Bintan} – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Adi Prihantara, secara resmi membuka Bintan Industrial Expo 2024 di Wisma Bintan Industrial Estate (BIE) Kawasan Lobam, Kabupaten Bintan, mewakili Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad, pada Rabu, 26 Juni 2024.

Upacara pembukaan diawali dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Adi dengan tema “Inovation, Motivate, and Growth,” yang mencerminkan komitmen perusahaan untuk terus berinovasi, memotivasi, serta tumbuh bersama seluruh tenant di Kawasan BIE. Pembukaan acara kemudian diakhiri dengan Peninjauan Tenant Bintan Expo.

Bintan Industrial Estate (BIE) adalah Kawasan yang berlokasi di Pulau Bintan yang telah berdiri sejak tahun 1994 dengan fasilitas yang beragam, seperti pelabuhan tersendiri, Water treatment plant, waste water treatment plant, sewage treatment plant, power house, serta beberapa jenis penginapan.

Adi dalam sambutannya menyampaikan bahwa bersama dengan Bintan Industrial Estate (BIE), Provinsi Kepri telah berhasil menjabarkan arahan Wakil Presiden Republik Indonesia menjadi salah satu pioneer terhadap kemajuan ekonomi dan keuangan syariah dalam perwujudan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia.

“Langkah bersama tersebut memiliki peran penting, salah satunya adalah Kawasan Industri Bintan Industrial Estate sebagai Kawasan Bintan Inti Halal Hub dengan nilai ekspor produk halal sebesar kurang lebih Rp120 miliar dalam dua tahun terakhir. Pertumbuhan ini berhasil memperoleh penghargaan Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) sebagai Provinsi dengan Program Halal Terbaik,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, lanjut Adi, peran besar kawasan industri turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri yang melejit hingga mencapai angka 5,20%. Angka ini naik 0,11% dari tahun 2022 yang hanya mencapai angka 5,09%.

“Angka ini merupakan yang tertinggi di Pulau Sumatera dan di atas rata-rata nasional dengan angka 5,05%. Pertumbuhan ekonomi tersebut didominasi oleh aktivitas Industri Pengolahan yang mencapai 41,47%, dengan pertumbuhan sebesar 3,87% year on year di Kepulauan Riau,” ucapnya.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kepri,.Adi mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-30 Kawasan Industrial Bintan Industrial Estate dan mendoakan pelaksanaan Bintan Industrial Estate (BIE) Expo 2024 dapat berjalan dengan sukses.

“Harapan yang teriring, semoga BIE semakin maju dan berkembang. Kontribusi BIE terhadap produk industri dan nilai investasi di Kepulauan Riau akan semakin besar sebagai garda terdepan Kawasan Industri,” tutupnya.

Upacara pembukaan dihadiri oleh GM. PT. BIIE Aditya Laksamana, Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian I Gusti Putu Suryawirawan, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Kapolres Bintan AKBP. Riki Iswoyo, Kepala BP. Bintan Farid Irfan Siddik, serta para pimpinan perusahaan Kawasan BIE.(Red)

Comment