DPRD Bintan Gelar Rapat Paripurna LKPj Bupati Bintan atas Pelaksanaan APBD

InDepthNews.id (Bintan) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bintan melaksanakan rapat Paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) di gedung DPRD Kabupaten Bintan, Kamis (30/03/2023).

Turut hadir dalam rapat Paripurna tersebut, Ketua DPRD Bintan, Bupati Bintan, anggota DPRD Bintan dan sejumlah OPD Kabupaten Bintan.Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bintan Agus Wibowo. Dirinya menyampaikan dalam pembukaan Paripurna yang menandakan sidang Paripurna siap digelar.

” Jika penyampaian LKPj merupakan kewajiban kepada daerah sebagai bentuk pertanggungjawaban kepala daerah dalam pelaksanaan APBD Bintan ” ungkapnya.

Ketua DPRD Bintan Agus Widodo saat menerima Buku LKPj Anggaran 2022 oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan. / F. Hendra
Ketua DPRD Bintan Agus Widodo saat menerima Buku LKPj Anggaran 2022 oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan. / F. Hendra

Sementara itu, Bupati Bintan Roby Kurniawan dalam laporannya menyampaikan bahwa, Pelaku usaha Mikro berjumlah 3937 orang bertambah 750 orang dari tahun sebelumnya selanjutnya demi peningkatan ekonomi masyarakat dan memberikan manfaat yang berkelanjutan ada warga ke depannya dilaksanakan program Gerbang Kampung.

Dimana program ini tersebar di seluruh Kelurahan se-Kabupaten Bintan yang berjumlah 15 Kelurahan dengan anggaran mencapai sebesar 2,6 Miliar Rupiah.

Menurut Bupati Bintan, Pendapatan Daerah yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan lain-lain pendapatan yang sah sebesar Rp. 1,09 Triliun lebih, dapat direalisasikan sebesar Rp. 1,16 Triliun lebih atau sebesar 106 persen.

Capaian Pendapatan Daerah tahun 2022 melebihi target dari yang ditetapkan sebesar Rp. 61,29 Milyar lebih.

Sejumlah anggota DPRD Bintan hadir di Rapat paripurna penyampaian LKPj Bupati Bintan Roby Kurniawan / F. Hendra
Sejumlah anggota DPRD Bintan hadir di Rapat paripurna penyampaian LKPj Bupati Bintan Roby Kurniawan / F. Hendra

Lalu, Belanja Daerah tahun 2022 dianggarkan sebesar Rp.1,236 Triliun lebih dan direalisasikan sebesar Rp. 1.134 Triliun lebih atau Rp. 91,74 persen.

“Dapat kami sampaikan juga bahwa fokus Pemerintah Daerah dalam pembangunan manusia, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan jaminan sosial menjadi komitmen yang terus dilaksanakan karena dampaknya yang langsung dirasakan oleh masyarakat, ” tambah Roby.

Kemudian, program peningkatan sarana distribusi perdagangan dimana pada Tahun 2022  jumlah pasar dalam kondisi baik sebanyak 12 pasang dari total 16 pasar yang ada sehingga persentase pasar atau sarana distribusi dalam kondisi baik telah mencapai 75% di atas target yang ditetapkan.

Dipenghujung paripurna dilanjut dengan penyerahan buku LKPj oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan yang diterima langsung oleh ketua DPRD Bintan Agus Wibowo. (NH/Red)

Comment