Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Natuna Hadiri Acara P5 di SMA 1 Bunguran Utara.

InDepthNews.id (Natuna) – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Natuna, Hendra Kusuma, S.H.,M.Si. Hadiri Acara Projek Penguatan Profile Pelajar Pancasila (P5) yang di selenggarakan oleh SMA 1 Bunguran Utara pada Selasa, 29 April 2024.

P5 diterapkan dalam kurikulum merdeka untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila kepada pelajar Indonesia. P5 merupakan singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mempelajari isu-isu penting di sekitar.

Penerapan P5 ini didasarkan pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. Artinya, para pelajar diajak untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Hal tersebut diimplementasikan agar peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Sederhananya, P5 dijadikan sebagai sarana belajar yang mendorong peserta didik berperilaku kompeten, berkarakter, dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Di kesempatan itu, Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan natuna Hendra Kusuma, S.H.,M.Si. menyampaikan dalam sambutannya mengapresiasi program kurikulum merdeka ini.

“semoga dengan program P5, kedepannya para pelajar bisa menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di rumah, sekolah ataupun di lingkungan masyarakat. Serta kita berharap dengan P5 ini, para pelajar akan semakin memahami nilai-nilai luhur Pancasila. Dan semoga budaya – budaya loka dan kearifan lokal terus kita gali” tutup Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan natuna Hendra Kusuma, S.H.,M.Si. (wanto).

Comment