Dinas Damkar Siap Menghadapi Masalah Hingga Di Tangani Dengan Mudah

InDepthNews.Id (NATUNA) – “Dalam mencegah terjadinya kebaran lahan di desa kelanga kecamatan Bunguran timur laut, hal utama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan tindakan pencegahan. Pencegahan sejak dini dapat dilakukan secara rutin dengan memberikan sosialisasi, himbauan dan edukasi kepada masyarakat dan pemilik lahan,”ujar Nurhakim .

“Dengan rutin memberikan himbauan bahaya Karhutla sejak dini, masyarakat menjadi paham akan dampak dan bahaya yang akan dialami jika terjadi karhutla sehingga masyarakat dapat berpikir bijak untuk tidak membakar hutan dan lahan di saat musim kemarau,”

 

Dalam kesempatan ini, Nurhakim memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam upaya antisipasi dan pencegahan terhadap Karhutla. Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli dan berperan aktif menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Lebih lanjut,Nurhakim masyarakat untuk menghindari praktek membuka lahan perkebunan dan pertanian dengan cara membakar karena bisa menimbulkan dampak yang tidak baik seperti terjadinya kebakaran hutan yang sangat luas akibat masuknya musim panas atau musim kering.

Ia menghimbau seluruh lapisan masyarakat, apabila menemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkannya kepada Babinsa atau kepada petugas terkait yang ada di wilayah setempat untuk segera melakukan cegah dini mengantisipasi dan mencegah terjadinya Karhutla.

“Sementara itu, Syawal S,E mengatakan, kehadiran dari pihak damkar harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya”ujar Syawal sa’at di hubungi lewat tlpon WhatsApp .

Syawal S,E.Menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial,

“Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh damkar dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan,” ujar Syawal.

 

“Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna memudahkan masyarakat dan dinas damkar dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah,” kata Syawal.

(Wanto).

Comment