Dewi Ansar Didampingi Sekdaprov Adi Hadiri Malam Puncak ADUJAK Kepri 2023

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Bunda Generasi Berencana Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara menghadiri malam puncak kegiatan Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) dan Jambore Ajang Kreativitas (Adujak) tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2023 di Trans Convention Center (TCC) Aston, Tanjungpinang, Jum’at (19/05/2023).

Kegiatan Adujak tahun 2023 merupakan kegiatan kepemudaan dimana forum GenRe ini ditaja langsung oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang dihadiri perwakilan pemuda dari kabupaten/kota se-Provinsi Kepri yang dimaksudkan untuk memilih Duta GenRe dalam penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja dan menjadi tauladan pada rekan-rekan seusianya.

Dalam arahannya Dewi Ansar mengatakan, Duta GenRe bukanlah orang dewasa atau senior dengan ketokohannya. Melainkan anak muda yang dipilih berdasarkan skill komunikasinya yang baik dan pengetahuannya yang mumpuni. Dengan demikian, keberadaan Duta GenRe di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat menjadi insiprasi dan role model bagi anak-anak seusianya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Duta GenRe harus memiliki skill komunikasi yang baik dan memahami berbagai persoalan remaja, seperti kesehatan reproduksi, usia pernikahan ideal, penyalahgunaan narkotika, dan permasalahan seputar seksualitas,” kata Dewi Ansar.

Dewi Ansar juga mengungkapkan, sebagai generasi muda penerus bangsa, keberadaan Duta GenRe diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda yang sehat, produktif, dan berkualitas agar mampu meraih bonus demografi serta Indonesia Emas tahun 2045 nanti.

“Seperti diketahui, pada 2045 pengamat ekonomi dunia menyatakan bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara yang tumbuh menjadi the best five economic in the world. Maka untuk mewujudkan proyeksi tersebut, kita siapkan generasi yang lebih baik mulai dari sekarang,” ungkapnya.

Sementara itu Sekdaprov Kepri Adi Prihantara berpesan kepada seluruh pemuda finalis duta GenRe agar terus menjadi role model di daerah tempat tinggalnya.

“Finalis Duta GenRe Provinsi Kepri adalah sosok pemuda terpilih yang sudah seharusnya wajib ikut mengembangkan dan meningkatkan peran remaja di daerah untuk mewujudkan pembangunan masyarakat di Provinsi Kepri,” pesan Sekdaprov Adi.

Mengakhiri sambutannya, Sekdaprov Adi menegaskan kepada stakeholder Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota serta seluruh lapisan masyarakat untuk terus menfasilitasi kegiatan generasi muda ke arah yang positif.

“Menghadapi puncak demografi ada tahun 2028-2031, peran pemuda saat ini menjadi ujung tombak perkembangan daerah dan bangsa, untuk itu seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah harus bersama-sama menyiapkan generasi muda berkualitas, cerdas, komprehensif, produktif, dan inovatif,” tutup Sekdaprov Adi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Republik Indonesia Nopian Andusti, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri Rohima, Pimpinan Forkompinda dan Instansi Vertikal Provinsi Kepri. (Red)

Comment