Danrem 042/Gapu Melaksanakan Peninjauan Lahan Ketahanan Pangan Terpadu Wilayah Kabupaten Tebo

InDepthNews.id (Jambi) – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad, S.I.P melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kompi Senapan B Yonif Raider 142/KJ, Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jumat (06/07/2024).

Adapun Kunjungan Danrem 042/Gapu kali ini dalam rangka peninjauan pengolahan lahan ketahanan pangan terpadu Kodim 0416/Bute.

Turut juga mendampingi Danrem 042/Gapu, Kasrem 042/Gapu, Kolonel Inf Eddy Basuki, Kasi Intel Kolonel Inf M. Imasfy S.E, Kasiops Kolonel Inf Ibnu Suharmanto, Kasilog Kolonel Inf Ahmad Rasli, Danyonif 142/KJ Letkol Inf Dwi Djunaidi Mulyono serta Perwira Denzibang 3/II Kapten Czi Tendri.

Setibanya di Kompi Senapan B rombongan disambut Dandim 0416/Bute Letkol Inf Arief Widyanto , S.E., M.Han, Sekda Kab. Tebo Drs. H. Teguh Arhadi, M.M, Kapolres Tebo AKBP I Wayan Arta Ariawan, S.H., S.I.K., M.H, Kabid pengendalian dan penanganan sengketa ATR/BPN Kab. Tebo. Kabid. Pertanian Kab. Tebo Kasubag SDA Kab. Tebo. Ibu Ernita Sekretaris dinas Lingkungan Hidup Kab. Tebo.

Kegiatan diawali dengan paparan tentang luas lahan yang dikelola untuk ketahanan pangan terpadu oleh Dandim 042/Gapu Letkol Inf Arief Widyanto S.E., M.Han, luas areal lokasi yang disiapkan seluas + 210 Ha eks tanah Knil, yang tebagi 2 Desa yaitu Desa Punti Kalo +129 Ha dan Desa Tebing tinggi + 95.34 Ha yang merupakan lokasi pangkalan Kompi Senapan B Yonif 142/KJ saat ini.

Danrem 042/Gapu mengungkapkan pengelolaan lahan ketahanan pangan terpadu atau _Integreted Farming_ telah dikelola lebih kurang 3 bulan yang lalu sebagai tindak lanjut dari perintah Bapak Kasad dalam rangka mendukung program ketahanan pangan pemerintah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Disebutkannya, kedepan akan direncanakan pembentukan satuan yang memiliki kekuatan dan kemampuan bidang pertanian, perkebunan, dan perikanan.

“Kedepan akan terus dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait program ketahanan pangan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri” kata Danrem.

“Kami sangat membutuhkan kerjasama, kolaborasi saling bahu-membahu dari semua pihak baik pemerintah, pihak polres dan yang paling penting bersama-sama masyarakat mensukseskan program pemerintah ini,” Pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Sekda Kab. Tebo juga menyampaikan pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Tebo mendukung program ketahanan pangan di Kab. Tebo dan akan terus berkolaborasi mulai dari tingkat bawah seperti Desa, Lurah sampai tingkat Kabupaten.

Di Kompi Senapan B itu sendiri dari semenjak 3 bulan yang lalu sudah ditanami berbagai macam tanaman pangan seperti Jagung, dan Kacang Tanah cabe serta kolam ikan untuk pembudidayaan Ikan air tawar lele dan Ikan Nila.

Tentunya pemanfaatan lahan kosong ini bisa dijadikan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan pembinaan melalui sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan sehingga diharapkan bisa memberikan manfaat untuk ketahanan pangan masyarakat setempat.

Dalam Wawancaranya dengan beberapa awak media, beliau menyampaikan
“Lokasi ini merupakan aset TNI angkatan darat yang harus _clear and clean_ .kita tahu bersama luas kompi B ini adalah 210 Ha dan seluruhnya akan diselesaikan lengurusan serrifikatnya secara bertahap, untuk sementara 95 Ha. Tujuannya adalah untuk digunakan ketahanan pangan. Program jangka panjang, apabila disetujui oleh pimpinan kita akan mengajukan pembentukan satuan baru, namun prosesnya ini masih panjang, dan kita utamakan menentukan titik Lokasi terlebih dahulu. Kita harus menyelesaikan permasalahan lokasi tersebut terutama terkait dengan masalah luasan lahan yang belum disertifikatkan, jangan sampai nantinya pada saat melakukankan pembangunan terjadi permasalahan.

Kemudian program kegiatan ini juga untuk membantu masyarakat terutama dalam ketahanan pangan, yang sekarang sudah dilakukan oleh Dandim bersama Danyon untuk pembibitan dengan penanaman semangka yang direncanakan seluas 10 Ha, penanaman cabe , singkong , jagung dan akan ada juga peternakan serta perikanan. Lokasinya di belakang kompi, kita sudah tinjau tadi secara keseluruhan dan sekarang proses pengolahan tanah yang digunakan untuk tanam semangka sudah mulai berjalan. Harapannya bulan Oktober sudah mulai panen gitu.(YL)

Comment