Cuaca Extreme yang Melanda Kab. Selayar Picu Tumbangnya Tiang Lampu Jalan dan Pepohonan

InDepthNews.id (Selayar) – Hujan deras berintensitas tinggi yang disertai angin kencang kembali menyebabkan tumbangnya sejumlah tiang lampu jalan, dan pepohonan yang berdampak memutus akses jalan penghubung antar desa dan kecamatan di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

Tiang lampu jalan dilaporkan tumbang oleh warga Dusun Embaiya, Kampung Bahona, Kecamatan Buki, Senin, (1/6/2024).

Tidak ada korban jiwa dan ataupun luka dalam insident tumbangnya tiang lampu jalan tersebut.

Akan tetapi, tiang lampu jalan yang jatuh menutupi bahu jalan, nyaris berdampak memutus akses jalan penghubung antar desa di wilayah Kecamatan Buki.

Akibat kejadian itu, warga dari sejumlah dusun dan desa yang akan menuju ke ibukota kecamatan dan kota Benteng harus berputar melalui Dusun Pa’batteang dengan melewati akses jalan rusak untuk bisa tembus ke Dusun Tulang, Desa Barugaia, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke arah selatan atau utara kota.

Sementara itu, musibah pohon tumbang dilaporkan terjadi di jalan poros Tahabira dan Pattumbulkang, Kecamatan Bontosikuyu.

Informasi kejadian pohon tumbang di kedua lokasi dimaksud diterima hari, Rabu, (3/6/2024) dini hari.

Musibah pohon tumbang yang terjadi di jalan poros Tahabira dan Pattumbukang dilaporkan warga sempat menutupi bahu jalan dan mengancam terputusnya akses jalan penghubung antar desa dan kecamatan di arah selatan kota Benteng.

Untuk sementara, warga dari arah selatan Kecamatan Bontosikuyu yang akan menuju ke Kecamatan Bontoharu dan kota Benteng, harus bersabar menunggu sampai selesainya proses pembersihan bangkai pohon tumbang yang menutupi bahu jalan.

Hal serupa harus dilakukan warga yang akan menuju ke Pelabuhan Pattumbukang dan sebaliknya. (Fadly Syarif)

Comment