Bupati Natuna, Wan Siswandi : Anak-anak Harus Mempunyai Tujuan Dan Cita-cita Untuk Meraih Masa Depan

InDepthNews.Id (Natuna) – Duta Generasi Berencana (Genre) tingkat Desa dan Kelurahan Kabupaten Natuna dikukuhkan oleh Bupati Natuna dan disaksikan langsung oleh Deputi Bidang KSPK BKKBN Nopian Andust, Kepala BKKBN Provinsi dan BKKBN Kabupaten Natuna. Bertempat di Gedung Srisrindit, Ranai, Jumat (18/11/2022).

Adapun Duta Genre yang dikukuhkan secara simbolis sebanyak 20 orang berasal dari Desa Semedang, Desa Selemam, Kelurahan Batu Hitam, Kelurahan Ranai Kota, Kelurahan Ranai Darat, Desa Kelanga, Desa Sebadai Hulu, Desa Air Lengit, Desa Sepempang, Cemaga, Pengadah, Tanjung, Kelarik Utara, Harapan Jaya, Tapau, Ceruk, Kelurahan Bandarsyah, Belakang Gunung, Limau Manis dan Kelarik.

Dalam sambutanya, Deputi Bidang KSPK BKKBN Nopian Andusti mengatakan tugas Duta Genre lebih dikembangkan untuk membantu pemerintah menekan potensi stunting, sebab salah satu penyebab stunting itu pernikahan usia dini.

“Ujung tombak genre ini ada disetiap Desa, dan tugas mereka menjadi penyampai pesan pemerintah terkait pembentukan generasi selanjutnya yang baik dan lebih bermutu,” bebernya.

Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita kini dan ke depan. Pembangunan sumber daya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas.

“Dengan adanya gendre mereka bisa memiliki ilmu dalam mempersiapkan diri menjadi sebuah keluarga yang siap segalanya, baik fisik, mental dan lainnya,” katanya.

Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan masa remaja merupakan masa transisi yang pasti dialami oleh setiap individu dari kanak-kanak menuju dewasa dan memungkinkan adanya ketidakjelasan antara arah pemikiran dan tingkah laku remaja tersebut, sehingga pengawasan orangtua, ibu gendre, guru dan masyarakat yang penting.

” anak-anak harus mempunyai tujuan dan cita-cita untuk meraih masa depan, karena mereka calon SDM yang akan membangun Natuna kelak”, kata Siswandi.

Untuk itu, kata Bupati Natuna, dalam rangka menjaga masa depan generasi muda, khususnya di Kabupaten Natuna agar terhindar dari tindakan-tindakan yang menjurus kepada permasalahan dan kenakalan remaja. Maka diperlukan program-program remaja yang mampu mengarahkan generasi muda agar siap memasuki fase tersebut, seperti GenRe yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

Melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

“Pemerintah Kabupaten Natuna mendukung penuh dalam mewujudkan GenRe yang berkualitas, sehingga nantinya mereka menjadi contoh positif bagi generasi muda lainnya, yang dimulai dari lingkup desa, sehingga mereka tumbuh menjadi kader bangsa yang berprestasi dan berkualitas tinggi guna membangun Kabupaten Natuna menuju kearah pembangunan yang seutuhnya.

Bupati Natuna berpesan kepada anak-anak muda, agar tidak terpengaruh dengan pergaulan bebas yang dapat merusak masa depan. Hindari dan jauhkan. Bupati juga mengajak anak-anak untuk selalu melaksanakan shalat dan meningkatkan ilmu agama.

(Wanto).

Comment