Bau Limbah Kandang Ayam dan Lalat Meresahkan Warga

InDepthNews.id (Bintan) – Warga RT 005 RW 001 Kelurahan Gunung Lengkuas Kecamatan Bintan Timur keluhkan banyaknya lalat dan limbah kandang ayam, sehingga menimbulkan bau tidak sedap yang diduga berasal dari aktivitas kandang ayam milik Adang

Beberapa warga saat menjumpai awak media InDepthNews.id mengatakan, kami sudah tidak tahan dengan aktivitas kandang ayam yang berada di wilayah RT 005 RW 001, yang sangat mencemari lingkungan dan berdampak buruk pada kesehatan warga.

“Terkadang pada saat kami mau makan, terlihat lalat pada beterbangan dan mencium aroma bau kandang ayam,” ucap salah satu warga yang saat itu menemui awak media InDepthNews.id, Jumat (2/8/2024).

Menanggapi laporan warga, awak media ini langsung melakukan investigasi di lokasi kandang ayam, namun tidak berjumpa dengan pemilik kandang ayam, karena sedang tidak berada di tempat.

Muhtadi Ketua RT 005 RW 001, saat ditemui awak media ini mengatakan bahwa benar ada komplain warga terkait kandang ayam milik Adang yang sangat meresahkan warga dengan adanya lalat dan bau kandang ayam yang tidak sedap melalui group WhatsApp RT.

Namun sampai dengan saat ini, Muhtadi belum mendudukkan permasalahan ini antara pemilik kandang ayam dengan warga.

Hal ini tentunya sangat merugikan warga, karena kandang ayam tersebut tepat berada di Pemukiman Warga

“Tahun 2023, sudah ada penolakan dari warga terkait keberadaan kandang ayam di pemukiman warga, dan Muhtadi selaku Ketua RT 005 RW 001 juga mengetahui hal ini, aktivitas kandang ayam terus berjalan,” ungkap salah satu warga.

“Dalam beberapa tahun belakangan ini, kami sangat tersiksa dengan lalat yang beterbangan di sekitar lingkungan warga disertai dengan bau limbah kandang ayam,” sambungnya.

Warga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bintan dalam hal ini Instansi terkait mengenai Dampak Lingkungan, agar segera menertibkan dan mengambil tindakan tegas terhadap kandang ayam yang berada di wilayah RT 005 RW 001 Kelurahan Gunung Lengkuas Kecamatan Bintan Timur, karena sudah sangat meresahkan warga dan kandang ayam tersebut tepat berada di Pemukiman Warga.  (Vins)

Comment