Basarnas Natuna Gelar Simulasi Evakuasi Korban

InDepthNews.Id (Natuna) – Basarnas Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menggelar simulasi pencarian dan pertolongan korban dikentinggian di wilayah Kecamatan Bunguran Timur.

Kepala Kantor Basarnas Natuna Abdul Rahman mengatakan simulasi dilakukan pada Rabu pagi (6/3) di area Bukit Bintang.

Dalam simulasi tersebut para personel diberikan sekenario bahwa ada kejadian membahayakan jiwa di wilayah Kecamatan Bunguran Timur.

Proses evakuasi

“Seluruh peserta disimulasikan menerima informasi terkait kondisi membahayakan manusia terhadap satu orang warga negara asing asal Australia terjatuh dan mengalami cidera tulang spinal di atas air terjun Bukit Bintang,” ucap dia Rabu (6/3).

Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan para personel dalam melakukan pencarian dan pertolongan, agar nantinya tidak kaku saat menghadapi peristiwa sebenarnya.

“Kita harap simulasi bisa mengembangkan pengetahuan para personel sehingga menjadi semakin baik dan profesional,” ujar dia.

Menurut dia, simulasi yang telah dilakukan berjalan sukses tanpa hambatan yang berarti.

Meski demikian, ia meminta kepada para personel untuk tetap berlatih secara mandiri.

“Sebagai abdi negara kita harus terus mengasah kemampuan secara mandiri dan selalu siap untuk menjalankan tugas,” pinta dia.

Selain melakukan simulasi sambungan dia, untuk meningkatkan kemampuan menjaga kebugaran para personel pihaknya juga melakukan kegiatan rutin lainnya seperti berolahraga.

“Kita juga melakukan perawatan peralatan guna memastikan peralatan bisa berfungsi dengan maksimal,” imbuh dia. (Wanto).

Comment