Apresiasi Kader Posyandu Tangani Stunting, Rahma Naikan Insentif Jadi Rp 700 Ribu Per Bulan

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang melaksanakan jambore posyandu bagi kader posyandu se-Kota Tanjungpinang, di lapangan Terminal Bintan Center, Tanjungpinang Timur, Rabu (26/07/2023).

Kepala Dinkes Kota Tanjungpinang Elfiani Sandri menyampaikan, kegiatan jambore dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan Pemerintah Kota Tanjungpianang kepada kader posyandu se-Kota Tanjungpinang yang telah berperan aktif menjalankan tugasnya.

Menurutnya, rangkaian jambore kader posyandu telah dimulai 17 Juli 2023 dengan mengadakan berbagai macam lomba yakni lomba yel-yel, senam maumere, penyuluhan dan cipta menu pendamping Asi.

“Lomba telah dilaksanakan di Gedung Aisyah Sulaiman dan pada hari ini kita mengumumkan pemenang dan kita beri penghargaannya,” ucapnya.

Elfiani menambahkan, kegiatan jambore kader posyandu dilaksanakan setiap tahun berkat dukungan dari Wali Kota Tanjungpinang, Hj.Rahma, S.IP.,M.M. Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kader posyandu dan juga sebagai ajang untuk bersilaturahmi sesama kader.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada buk Wali, DPRD, serta Kepala OPD dalam hal ini Bapelitbang juga menyetujui dan juga telah mendukung atas terselenggara kegiatan ini. Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk kita semua, bisa meningkatkan silaturahmi dan kita semakin kompak, semangat untuk posyandu dan memberikan pelayanan kepada balita, remaja dan lansia yang ada di Tanjungpinang,” Imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang Rahma menyampaikan, kegiatan jambore ini merupakan kegiatan kedua kali setelah pandemi Covid-19. “Saya titip buk kadis tahun depan kembali dilaksanakan, karena tahun depan saya tidak lagi mendampingi ibu, saya sudah selesai menjabat wali kota, tinggal menghitung satu bulan lebih lagi, tapi mudahan-mudahan apa yang kita rutinkan ini bisa dilanjutkan,” ucapnya.

Rahma mengatakan, kader posyandu memiliki peranan penting untuk membantu pemerintah salah satunya membantu penanganan stunting yang menjadi atensi dari pemerintah pusat.

Dengan adanya kader posyandu, lanjut Rahma, Tanjungpinang dapat mengurangi satu persatu kasus stunting yang ada di wilayah setempat.

“Kader Posyandu yang mendeteksi dini adanya kasus stunting baru masuk ke Dinkes dan ke Puskesmas, karena itu saya sebagai Wali Kota Tanjungpinang mengapresiasi setinggi-tingginya peran kader posyandu yang luar biasa,” ujarnya.

Rahma mengungkapkan, sebagai bentuk perhatian Pemko Tanjungpinang telah menaikkan insentif kader posyandu dari Rp500 ribu menjadi Rp600 ribu per bulan dan pembayarannya pun dibayar tidak per triwulan namun sekarang dibayar per bulan.

“Tahun depan mulai Januari 2024 saya usulkan insentif kader posyandu naik menjadi Rp700 ribu per bulan. Kenaikan ini karena bentuk penghargaan dari Pemko Tanjungpinang kepada kader posyandu yang telah berupaya menurunkan kasus stunting di Tanjungpinang,” imbuhnya.

Daftar pemenang lomba kegiatan Jambore Kader Posyandu Kota Tanjungpinang:

Lomba yel-yel diraih

1. Kader Kelurahan Melayu Kota Piring
2. Kader Kelurahan Tanjung Ayun Sakti
3. Kader Kelurahan Pinang Kencana

Lomba Senam Maumere,

1. Kader Kelurahan Air Raja
2. Kader Kelurahan Batu 9
3. Kader Kelurahan Melayu Kota Piring

Lomba Penyuluhan

1. Kader Kelurahan Tanjungpinang Timur
2. Kader Kelurahan Tanjungpinang Barat
3. Kader Kelurahan Sei Jang

Lomba Cipta Menu MP-ASI,

1. Kader Kelurahan Sei Jang
2. Kader Kelurahan Dompak
3. Kader Kelurahan Air Raja juara 3.
(Dinas Kominfo)

Comment