Dukung Ketahanan Pangan, Babinkamtibmas Desa Tinjul Sambangi Panen Udang Vaname

InDepthNewsid (Lingga) – Babinkamtibmas Desa Tinjul turut menyaksikan panen budidaya udang vaname di Desa Tinjul Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga bertempat di tambak udang perkumpulan lansia berkarya tinjul, Kamis (24/10/2024).

Panen yang dilaksanakan pada hari ke 74 ini merupakan panen ke tiga yang merupakan hasil pemeliharaan 300.000 bibit udang vaname dengan hasil sebanyak 130 kg, dimana pada dua kali panen parsial sebelumnya, telah menghasilkan 600 kg udang.

Briptu Paradis Adytya Saydi Babinkamtibmas Desa Tinjul mengatakan, Budidaya udang vaname merupakan salah satu kegiatan untuk mendukung program pemerintah dalam peningkatan ketahanan pangan masyarakat.

“Budidaya udang vaname merupakan implementasi dari program pemerintah dalam rangka ketahanan pangan bagi masyarakat, khususnya ini merupakan salah satu langkah yang kreatif,” ungkapnya.

Ditambahkan Paradis yang akrab disapa Adit ini, panen hari ini merupakan buah dari kerja keras pengurus dan pengelola tambak yang telah merawat kurang lebih selama dua bulan 14 hari dan para pengelola tambak yang telah dengan serius, terampil dan teliti dalam merawat dan menjaga tambak udang vaname.

Kunjungan yang dilaksanakan oleh Adit selaku Bhabinkamtibmas Desa Tinjul adalah sebagai bentuk upaya Polri khususnya dalam rangka mendukung Kebijakan Pemerintah dalam hal Ketahanan dan Kedaulatan Pangan di wilayah binaannya.

“Kunjungan saya selaku bhabinkamtibmas sebagai bentuk kolaborasi dan koordinasi antara kepolisian dengan pemerintahan tingkat desa dalam menghadapi berbagai tantangan di bidang petambak udang vaname dan juga dalam rangka mendukung Program ketahanan pangan dan ini menjadi langkah positif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Adit.

Adit berharap, Program pemerintah dalam ketahanan pangan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan ketahanan pangan di Desa binaannya terus berkelanjutan, sehingga dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya,

Ditempat yang sama, Abdullah Ketua Kelompok tambak udang perkumpulan lansia berkarya tinjul mengaku berterima kasih kepada Briptu Paradis Adytya Saydi selaku Babinkamtibmas Desa Tinjul, karena selalu memotivasi kelompok untuk giat dan semangat dalam berbudaya udang vaname.

“Kami ucapkan terimakasih atas motivasi yang selama ini di berikan oleh pak Bhabin Paradis kepada para petambak udang vaname di wilayah binaannya yang selalu mengajak masyarakat untuk terus melakukan kreativitas dalam petambak udang vaname ini,” ucap Abdullah.

Sebagai informasi, tambak udang vaname yang berada di Desa Tinjul, dalam pelaksanaannya juga bekerja sama dengan ahli budidaya udang, guna melaksanakan perawatan serta pemeliharaan bibit hingga siap panen. (Abu)

Comment