Mahasiswa Kundur Keluhkan Beasiswa Tak Kunjung Cair

InDepthNews.id (Kundur) – Pendaftaran beasiswa Kabupaten Karimun telah dibuka sejak bulan Desember Tahun 2023 lalu. Syarat untuk mendaftar beasiswa kabupaten ini yakni mahasiswa yang mendaftar harus mengajukan proposal bantuan studi yang mana proposal tersebut ditujukan untuk Bupati Karimun, dimana didalam proposal tersebut disertakan juga dengan dokumen-dokumen penting lainnya seperti surat aktif kuliah, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Fotocopy KTP, Fotocopy Kartu Keluarga dan dokumen pendukung lainnya.

Di awal Januari 2024 proposal tersebut sudah diberikan kepada pihak Pemkab karimun melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Namun sampai saat ini, dana tersebut belum juga cair.

Banyak keluhan dari mahasiswa yang mendaftar beasiswa kabupaten Karimun ini terutama dari mahasiswa Himpunan Mahasiswa Kundur. Mereka mengatakan bahwa uang dari beasiswa ini bisa digunakan untuk membayar uang kuliah mereka pada semester ini.

Hal itu disampaikan oleh salah satu Mahasiswa Kundur, Nadia Rahma Dhani yang mengatakan kalau berdasarkan informasi yang didapatkannya kalau pencairan akan dilakukan sekitar bulan Mei ataupun bulan Juni namun sayangnya hingga saat ini belum juga cair.

“Padahal kami berharap nya sebelum bulan Agustus sudah pencairan dana Beasiswa tersebut, dikarenakan uang tersebut dapat dipergunakan untuk membayar UKT, sebab pada bulan Agustus lalu itu sudah mulai membayar UKT, tapi sekarang sudah masuk bulan Oktober tak juga kunjung cair.” ungkapnya, Jumat (18/10/2024)

Pemkab Karimun, melalui Ex Mantan Ketua HIMK, M.Teo Renaldi mengatakan, Waktu recofusing anggaran kemaren belanja beasiswa ini dirasionalisasi dan sekarang masih menunggu evaluasi dari provinsi.

“Apabila ada info terkait beasiswa ini nanti kami sampaikan ya, Kalau masalah pencairan saya belum tau. nanti akan kami infokan,” lanjutnya.

“Kami berharap Pemkab Karimun lebih memperhatikan terkait beasiswa kabupaten dan kami berharap beasiswa kabupaten ini segera melakukan proses pencairan dana meskipun secara bertahap,” pungkasnya. (Okta)

Comment