KKSS dan KMB, Aksi Peduli Korban Angin Puting Beliung di Kampung Belian, Batam

InDepthNews.id (Batam) – Peristiwa angin puting beliung yang kerap menerjang beberapa wilayah di Kepulauan Riau (Kepri) dalam beberapa hari belakangan ini, menyebabkan banyak kerusakan rumah bahkan beberapa di antara masyarakat mengalami luka fiisik.

Salah satu lokasi terdampak adalah Kampung Belian di Kota Batam. Kampung ini hanya berjarak cukup dekat dari pusat pemerintahan Kota Batam.

Rosmala adalah salah satu korban yang mengalami kerusakan parah pada rumahnya. Keseluruhan atap rumahnya nyaris hancur oleh amukan angin topan berputar itu. Ibu rumah tangga yang tidak berpenghasilan tetap ini dan seorang orang tua tunggal bagi anak-anaknya mengalami musibah alam ini dengan rasa nelangsa.

“Kami memerlukan bantuan untuk memperbaiki rumah tempat tinggal satu-satunya untuk berteduh dan rasa aman”, ujarnya.

Merespon peristiwa ini, Dewan Pimpinan Wilayah Kerukunan Masyarakat Bulukumba (DPW KMB) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KMB Kota Batam bekerjasama dengan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Batam melakukan aksi sosial hari ini, Rabu (9/10/2024). Bertempat di lokasi korban bencana di Kampung Belian, Batam Kota, Batam.

Melalui pengurus dari kedua ormas kedaerahan ini, masing-masing Drs Jaenuddin, Ali Akbar, Sip mewakili KMB dan Andi Tajuddin selaku Ketua KKSS Batam, menyerahkan santunan berupa uang tunai untuk meringankan beban korban.

Turut hadir tokoh perempuan KMB/KKSS, Bungasia Spd., MH dan Aco, seorang pengusaha UMKM asal Bulukumba. Santunan diserahterimakan kepada Rosmala di rumahnya.

Ali Akbar menjelaskan, KMB Kota Batam adalah ormas yang sangat peduli pada warganya. “Kami menerima laporan peristiwa ini dan langsung melakukan konsolidasi ke sesama warga KMB. Alhamdulillah, warga KMB dalam waktu singkat bergotong-royong mengumpulkan uang donasi”.

Kekompakan warga KMB menurut Ali, senantiasa terbukti dari respon spontan untuk bergotong royong meringankan beban dalam setiap ada warga KMB tertimpa kemalangan.

Jaenuddin yang berprofesi guru di SMKN 1 Batam adalah sekertaris DPW KMB Kepri membenarkan pujian Ali ke warga KMB, dirinya berharap warga KMB semakin menjaga kekompakan dan merawat solidaritasnya antar sesama warga KMB sebagai masyarakat rantau di Kepri.

Sedangkan menurut Andi Tajuddin, Ketua KKSS Batam yang terpilih aklamasi dalam Musyawarah Daerah KKSS beberapa waktu lalu, menyampaikan tekadnya untuk selalu akan segera merespon bilamana ada warga KKSS yang memerlukan bantuan.

“Sebagai warga perantauan, yang diperlukan adalah kehadiran kita pada saat warga tertimpa kemalangan. Saya akan menggerakkan organisasi KKSS untuk peduli dengan perhatian termasuk bantuan dan pendampingan”, imbuhnya. (Red)

Comment