Sekda Zulhidayat Tegaskan Netralitas ASN, Bantah Isu Keterlibatan Dukungan Politik

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, memberikan klarifikasi terkait isu yang beredar di media sosial mengenai dugaan keterlibatan dirinya dalam dukungan politik yang dilakukan Forum RT/RW terhadap salah satu pasangan calon wali kota Tanjungpinang.

Zulhidayat menegaskan, sebagai ASN, dirinya dan seluruh aparatur pemerintah kota Tanjungpinang wajib menjaga netralitas dalam pilkada.

“Saya tegaskan, sebagai ASN, saya dan seluruh ASN lainnya wajib netral dan tidak terlibat dalam politik. Kabar yang menyebutkan saya ikut terlibat sama sekali tidak benar,” ujar Zulhidayat saat dikonfirmasi, Senin (30/09/2024).

Zulhidayat menjelaskan, dirinya memang diundang oleh Forum RT/RW dalam sebuah acara, namun tidak dapat menghadirinya karena ada agenda lain.

“Benar, saya dan beberapa perangkat Pemko diundang oleh Forum RT/RW, namun karena ada kegiatan lain, saya berhalangan hadir. Namun, Pemko sebagai pihak yang diundang tidak mengetahui siapa saja undangan lainnya, karena undangan tersebut bersifat pribadi tanpa dilampirkan daftar undangan,” jelasnya.

Zulhidayat menegaskan kembali, lembaga kemasyarakatan seperti RT dan RW harus menjaga netralitas dan tidak memihak pada salah satu pasangan calon dalam pilkada.

“Saya akan mengingatkan kembali seluruh lembaga kemasyarakatan kita, termasuk RT dan RW, untuk menjaga kondusivitas dan netralitas dalam proses pilkada,” ujarnya.

Terkait sanksi, Zulhidayat menyatakan,”Akan kami pelajari dan koordinasikan dengan pihak terkait, temasuk yang kita pelajari sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tutupnya. (Adv/Dinas Kominfo).

Comment