Program Bank Sampah Mahasiswa Universitas Jambi Disambut Antusias oleh Masyarakat Desa Sebapo

InDepthNewd.id (Jambi) – Salah satu program unggulan mahasiswa Universitas Jambi melalui Program Ormawa Membangun Negeri (POMN) yakni revitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Sebapo disambut antusias oleh masyarakat dan stakeholder.

Program ini mendapat dukungan penuh terutama dari masyarakat Desa Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, yang melihat inisiatif tersebut sebagai solusi efektif dalam menangani masalah sampah sekaligus meningkatkan perekonomian warga.

Upaya revitalisasi BUMDes dengan mendirikan bank sampah diinisasi oleh Irfan Saputra selaku ketua tim POMN D3 Agrobisnis Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Irfan dan tim sukses menjadi salah satu dari lima tim Universitas Jambi yang berhasil lolos seleksi nasional POMN 2024 pada awal Juli lalu. Hingga kini, program masih berlanjut dan terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah desa, universitas, maupun masyarakat.

Kerja sama dengan pihak Desa Sebapo
Program bank sampah yang dilaksanakan tim mahasiswa D3 Agrobisnis Universitas Jambi bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga menjadi bahan daur ulang yang bernilai ekonomi, Jumat (27/09/2024)

Asmara Dewi selaku Kepala Desa Sebapo, mengapresiasi inisiatif ini dengan menyatakan bahwa program tersebut membawa perubahan signifikan bagi kesadaran warga terhadap pentingnya pengelolaan sampah.

“Kami sangat mendukung program ini karena memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Bank sampah ini tidak hanya membantu mengurangi sampah, tetapi juga menjadi sumber pendapatan tambahan bagi warga,” tutur Asmara Dewi.

Dengan adanya bank sampah, masyarakat Desa Sebapo kini mulai terbiasa memisahkan sampah organik dan anorganik serta menjual sampah yang dapat didaur ulang ke bank sampah desa. Hal ini mendorong warga untuk lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar mereka.(YL)

Comment