Pemko Tanjungpinang Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang kembali mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pembahasan Langkah Kongkret Pengendalian Inflasi di Daerah yang digelar secara hybrid, dari ruang rapat Engku Putri Raja Hamidah, kantor wali kota Tanjungpinang, Kepri, Senin (12/08/2024).

Rakor kali ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya pada 5 Agustus 2024, yang membahas upaya pengendalian inflasi daerah, peningkatan pertumbuhan ekonomi, serta perkembangan pembangunan Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2).

Dalam rapat tersebut, Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir, menekankan peran TSTH2 sebagai pusat unggulan (center of excellence) dalam penyediaan bibit hortikultura berkualitas.

TSTH2 diharapkan menjadi pusat pengembangan dan inovasi di bidang herbal dan hortikultura, yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah.

“Program pengembangan obat herbal nasional harus disosialisasikan kepada masyarakat agar dapat diimplementasikan dengan efektif,” ujarnya.

Tomsi juga meminta agar pada rapat minggu depan, setiap daerah menampilkan laporan mengenai progres pelaksanaan program ini, baik yang sudah berjalan maupun yang belum.

“Forum ini bertujuan untuk monitoring dan evaluasi berkala guna memastikan efektivitas langkah-langkah yang telah diambil,” tegasnya.

Ia berharap tanggung jawab yang telah disepakati bersama dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga rapat-rapat berikutnya dapat berlangsung lebih efektif.

Sementara, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang, Hamerudin, menyampaikan pemko Tanjungpinang terus berkomitmen dalam pengendalian inflasi melalui berbagai upaya strategis.

“Beberapa waktu lalu, pemko melalui DP3 mengadakan gerakan pangan murah agar masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” jelasnya.

Gerakan pangan murah ini, menurut Hamerudin, merupakan salah satu langkah nyata yang diambil pemko Tanjungpinang untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok di pasar, sekaligus melindungi daya beli masyarakat.

“Langkah-langkah ini diharapkan dapat membantu menekan laju inflasi dan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah,” tutupnya.

Rakor turut diikuti, tim pengendalian inflasi kota Tanjungpinang. (Adv/Dinas Kominfo).

Comment