Cegah Karhutla, Danrem 042/Gapu selaku Plh. Dansatgas Karhutla Provinsi Jambi Lakukan Patroli Udara

Jambi1 views

InDepthNews.id (Jambi) – Sebagai salah satu upaya pencegahan Karhutla di wilayah Provinsi Jambi, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad S.I.P selaku Plh. Dansatgas Karhutla Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan Patroli Udara dalam rangka peninjauan lokasi daerah rawan Karhutla di wilayah Provinsi Jambi, Sabtu 3/8/2024 pagi hari.

Patroli Udara yang dilakukan Danrem kali ini menggunakan Pesawat Helikopter Helly Bell 416 milik PT. WKS Jambi, tujuannya untuk melihat secara langsung kesiapan personel maupun Alat perlengkapan yang ada di pos-pos Karhutla dan meninjau lokasi Water Intake Air Sungai Batanghari milik PT. Wira Karya Sakti (WKS) yang berada di Distrik VII, Desa Rukam Kec. Sengeti, Kab. Muaro, Provinsi Jambi yang digunakan untuk Rewetting Areals (pembasahan kembali area) untuk mencegah terjadinya Karhutla.

Turut mendampingi Danrem 042/Gapu , Kasiintel Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf M. Imasfy,S.E Kasiops Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ibnu Suharmanto dan Pimpinan PT. WKS Jambi Bapak Kurniawan.

Sebelumnya, Brigjen TNI Rachmad melakukan briefing kepada anggota yang akan berangkat untuk meninjau ke lokasi, di Markas komando Yonif 142/Ksatria Jaya setelah itu bersama rombongan Take Off menuju Camp PT. TMA di Desa Sungai Abang Kec.Vll Koto, Kab. Tebo dilanjutkan menuju PT. ABT, Hulu Sekalo, Taman Raja, Batas Jambi Riau Camp PT. WKS Distrik VII, PT. PDIW, HLG Londrang, sebelum kembali ke Markas komando Yonif 142/Ksatria Jaya.

Saat tiba di Distrik VII PT. WKS, rombongan dengan menggunakan jalur darat langsung meninjau lokasi Water Intake yang berada di Desa Rukam.

Dilokasi Water Intake Danrem mengungkapkan,” proyek Water Intake tersebut sangatlah efektif untuk pengambilan air apabila terdapat daerah yang kekurangan air terutama di lahan-lahan gambut.”

“Alat Water Intake ini sangat efektif digunakan untuk memenuhi ketersediaan air. Alat mesin pompa ini sangat berguna, baik untuk mengantisipasi bahaya Karhutla maupun untuk membasahi lahan kebun-kebun masyarakat yang membutuhkan air ”, ungkap Danrem.

Danrem berharap, dengan sinergitas dan kerjasama yang solid dengan upaya bersama, pencegahan Karhutla di wilayah Provinsi Jambi dapat tercapai dengan hasil yang optimal, sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman tanpa adanya asap akibat Karhutla. Tuturnya.

Selesai Patroli Udara dengan kembali lending di Markas komando Yonif 142/Ksatria Jaya pada sore hari dalam keadaan aman dan lancar. (YL)

Comment