Kesbangpol Gelar Sosialisasi Tentang Wawasan Kebangsaan, 79 Siswa SMA Jadi Peserta

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tanjungpinang menggelar sosialisasi tentang wawasan kebangsaan terhadap sejumlah siswa-siswi SMA sederajat yang ada di Tanjungpinang, Selasa (31/10/2023) di Hotel Comforta.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Kesra Setdako Tanjungpinang, Muhammad Yatim.

Dalam kesempatan itu, Yatim mengapresiasi kepada Kesbangpol yang sudah menyelenggarakan sosialisasi yang sangat positif ini. Karena kegiatan ini salah satu sarana untuk membentuk sikap cinta tanah air, bela negara, mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, serta menerapkan kehidupan sehari-hari.

Ia pun berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan daya dorong yang besar kepada generasi muda supaya menjadi generasi yang tangguh dan berkualitas.

Menurutnya, wawasan kebangsaan memiliki arti penting dalam mempertebal rasa kebangsaan serta meningkatkan semangat kebangsaan, yang merupakan nilai dasar yang sudah menjadi pandangan hidup bangsa.

“Untuk itu saya harap kepada peserta agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, dan terapkan ilmu yang didapatkan nanti dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kesbangpol Kota Tanjungpinang, Samsudi mengatakan, sedikitnya peserta yang mengikuti kegiatan ini ada sebanyak 100 orang. Diantaranya 79 dari perwakilan siswa-siswa SMA sederajat Tanjungpinang dan 21 orang guru pendamping.

Samsudi menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para pelajar tentang jiwa dan semangat kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945.

“Sehingga pelajar dapat menghindari dari hal-hal yang negatif terkait kenakalan remaja dan perbuatan negatif lainnya,” terangnya.

Disamping itu, lanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara dan membangkitkan semangat nasionalisme, memahami wawasan kebangsaan serta mengaplikasikan semangat kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh narasumber dari Danlanud RHF Tanjungpinang, dan UMRAH Tanjungpinang.(Adv Dinas Kominfo)

Comment