Datangi Polda Jambi, Elas Pertanyakan Alasan Penangkapan 26 orang Warga Kumpeh Yang Berseteru dengan PT. FPIL

Jambi449 views

InDepthNews.id (Jambi) – Solidaritas  Masyarakat Kumpe yang dikomandoi oleh Elas Annra Darmawan, bersama Iin Habibi, Feri Irawan, Misno Hatta, Mujiburahman, dan Rizki, mendatangi kantor Mapolda Jambi guna menanyakan pengamanan 26 orang warga Dusun Pematang Bedaro, Desa Teluk Raya, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, usai melakukan memblokir jalan masuk ke PT. FPIL. Aksi pendudukan jalan tersebut dilakukan guna memberikan bentuk dukungan dan rasa simpati atas penangkapan 5 orang warga mereka yang dituduh telah melakukan pencurian tandan buah segar miliki PT.FPIL.

Elas, Iin Habibi, Feri Irawan, Misno Hatta, Mujiburahman, Rizk, Solidaritas Masyarakat Kumpeh Dampingi 26 Warga Kumpeh usai di amankan Polda Jambi

Elas telah melakukan komunikasi dengan kelompok masyarakat tersebut dan memberikan rasa prihatin kepada sejumlah warga yang telah memblokir jalan. Elas juga merespon terkait video yang beredar disejumlah grup WhatsApp dan Media sosial saat pihak kepolisian dari Polres Muaro Jambi dan Polda Jambi saat membubarkan aksi massa.

“Kami mendatangi Polda Jambi guna menanyakan terkait pengamanan 26 orang masyarakat Desa Teluk Raya yang hari ini ada di kantor Polda usai melakukan aksi pendudukan jalan milik PT. FPIL” jelasnya pada Kamis malam (20/07/2023) di Polda Jambi.

Elas didampingi sejumlah lembaga bertemu langsung dengan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, Kombes Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira, dan bersama dengan Wadireskrimum, AKBP Andi Nur Ichsan, serta Kasubdit 3 Intelkam Polda Jambi, AKBP Ali Sadikin.

Dalam pertemuan tersebut, Andri Ananta menyatakan bahwa Kepolisian telah melakukan SOP dalam pengamanan aksi pendudukan jalan yang dilakukan oleh warga Tangkit. Dan sejumlah warga tersebut tidak ditahan tetapi diamankan dibawa ke Kantor Polda Jambi untuk dimintai keterangan atas apa yang dilakukan warga tersebut.

“Usai dimintai keterangan, warga akan kita pulangkan. Kita hanya menertibkan warga yang telah lima hari memblokir jalan masukan PT.FPIL” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, 5 orang perwakilan dari warga yang diamankan bertemu dengan Elas dan rombongan bahwa kondisi mereka baik – baik saja. Pada kesempatan itu juga, Elas mengawal langsung proses pemulangan 10 orang perempuan dan 2 orang anak kecil, warga yang turut diamankan oleh Polda Jambi.

“Warga lainnya juga akan dipulangkan usai dimintai keterangan pada malam ini juga” jelas Elas. (Fan).

Comment