Camat Kundur Barat Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Desa Sawang Selatan Tahun 2022

InDepthNews.id (Karimun) – Camat Kundur Barat, Khaidir, S.Sos membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Desa Sawang Selatan Tahun 2022 M/1444 H, bertempat di Masjid Thalabul Ilmi Dusun III Batu Tumbang, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, (25/12/2022) malam.

Acara dilaksanakan selama 4 (empat) malam berturut-turut dari 25-28 Desember 2022, yang diikuti sebanyak 104 orang peserta dari tingkat anak-anak hingga Dewasa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Kundur Barat, Kasi Pemerintahan Kecamatan Kundur Barat, Kasi Trantib, Kasi PMD, Camat Kundur Utara, Kepala Desa Sawang Selatan beserta jajaran, Kepala Desa Sungai Ungar Utara, Kepala Desa Sungai Ungar, Kepala Desa Sei Sebesi, Anggota DPRD Provinsi Kepri Ery Suandi, Anggota DPRD Kabupaten Karimun Joko Warsilo, KUA Kecamatan Kundur Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat beserta undangan lainnya yang tak dapat disebutkan satu persatu.

Ketua panitia pelaksana kegiatan MTQ Maryono dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kehadiran para tamu undangan yang sangat luar biasa ramai. Dan juga menyampaikan laporan pertanggungjawaban Dana pelaksanaan kegiatan MTQ tersebut.

“Kami atas nama panitia pelaksana kegiatan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran seluruh tamu undangan yang tak dapat saya sebutkan satu-persatu, ” ucap Maryono.

Maryono menjelaskan, untuk pelaksanaan MTQ Tingkat Desa Sawang Selatan Dananya bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2022, dan ditambah dari sumbangan para Donatur.

“Anggaran untuk pelaksanaan kegiatan MTQ ini bersumber dari ADD Desa Sawang Selatan Tahun Anggaran 2022, dan ditambah dari sumbangan para Donatur yang ikut serta membantu kami dalam mensukseskan kegiatan ini,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sawang Selatan Suyatno, juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir dan juga kepada para Donatur yang ikut serta mensukseskan kegiatan MTQ Desa Sawang Selatan.

Suyanto juga berpesan kepada para peserta yang ikut bertanding, agar tetap menjaga sportivitas dalam bertanding.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta agar tetap menjaga sportivitas dalam bertanding. Ini bukan ajang perebutan, yang perlu kita dapatkan adalah makna dari isi Alquran itu sendiri,” ucap Kepala Desa Sawang Selatan.

Camat Kundur Barat, Khaidir, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ Desa Sawang Selatan sangat luar biasa, dimana sebelum masuk ke lokasi acara sudah disambut dengan lampu pelita yang sangat indah.

“Pemasangan lampu Pelita ini mungkin sudah menjadi tradisi masyarakat kampung kita, mudah-mudahan tradisi ini dapat dijaga masyarakat Dusun III Batu Tumbang ini,” kata Camat Kundur Barat.

Khaidir juga menjelaskan, diawal bertugas di Kecamatan Kundur Barat, dirinya pertama mengunjugi Desa pertama adalah Sawang Selatan. Dimana pada saat itu bertepatan pelantikan RT/RW.

“Alhamdulillah pada saat awal saya bertugas di Kecamatan Kundur Barat, Desa Sawang Selatan ini lah yang pertama saya kunjungi, saat itu bertepatan dengan pelantikan RT/RW. Dan setelah itu pada saat bulan puasa juga, di Desa Sawang Selatan kami paling banyak melakukan safari Ramadhan. Hampir 99% semua Masjid dan Musholla kami kunjungi,” jelasnya.

Camat Kundur Barat juga berharap agar Desa Sawang Selatan bisa menjadi Desa Mandiri agar nantinya bisa mendapat penghargaan dari Presiden.

“Saya berharap kepada Kepala Desa Sawang Selatan, agar dapat selalu meningkatkan potensi-potensi Desa yang berada supaya itu dapat di kembangkan dan dapat dijadikan sebagai Pendapatan Asli Desa,” harapnya.

“Kepada panitia juga saya berharap, untuk peserta-peserta kita nanti yang akan ditandingkan di tingkat Desa ini, ini merupakan suatu aset, jangan dilepaskan. Dan juga kami berharap kepada Dewan hakim agar menilai secara objektif para peserta, jangan menilai dari pada kedekatan. Karena kita setiap kali MTQ itu juara nya mutlak diikutsertakan ke Tingkat Kecamatan,” tutupnya sekaligus membuka secara resmi MTQ Tingkat Desa Sawang Selatan Tahun 2022. (Gabe)

Comment