Sambut Maulid Nabi Muhammad SAW, 12 Robiul Awal1444 H, Desa Tinjul Hadirkan Syekh Muhktar Mutaha

InDepthnews.id (Lingga) 08/10/2022 – Dalam rangka menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW 12 Robiul Awal1444 H tahun 2022, Pemerintah Desa Tinjul Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga menggelar acara untuk mengisi dan memeriahkannya dengan mengundang penceramah Syekh Muhktar Mutaha, di mesjid Al – Khair, Sabtu (8/10/2022)

Kegiatan yang turut dihadiri oleh Asisten 1 Pemkab Lingga Junaidi Adjam itu, diawali dengan lantunan ayat suci Al-Quran oleh Sdr. Hendri Dermawan.

Kepala Desa Tinjul Amren dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya untuk para orangtua dalam mendidik anak-anaknya dengan agama, salah satunya memperingati hari kelahiran Nabi besar Muhammad SAW yang merupakan nabi panutan umat islam.

“Syukur Alhamdulillah tahun 2022 ini kita bisa menggelar acara Maulid Nabi ini dengan penuh rasa semangat. Maka dari itu marilah kita semua perbanyak sholawat, karena itu merupakan amalan sunnah, dan seruan untuk kita memohon berkah dari Allah SWT, Shalawat juga dapat diartikan sebagai ungkapan kecintaan, penghargaan dan kehormatan kita kepada Nabi Muhammad SAW,” ujar Amren.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, kita bisa menanamkan akan keteladanan Nabi Muhammad SAW untuk mencapai kebahagiaan serta kesuksesan di dunia dan di akhirat.

“Milad Nabi bukan sekedar perayaan hari keagamaan namun jadikan sebagai cara merefleksi untuk memotivasi diri yang diimplementasikan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari,” harap Amren, yang diaminkan oleh jemaah yang hadir.

Dalam kesempatan yang sama, Ustad Ahmad Sapuan selaku Ketua Masjid Al khair menjelaskan, dengan peringatan Maulid Nabi hari ini, diharapkan para anak didik mampu melakukan sesuatu berbentuk karya, kreasi, inovasi yang tetap dilengkapi dengan budi pekerti dan akhlaq yang mulia.

”Marilah kita menjadikan momentum ini untuk kita bisa menata diri dan menata hati dalam tausiahnya, semua yang hadir dapat mengambil hikmah serta menjadi contoh dari karakter Rasulullah SAW untuk memperbaiki karakter kita semua,

Selain penampilan pembacaan Ayat suci Alqur’an, Sholawat nabi, dan seni yang Islami, dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut juga diisi dengan tausiah atau ceramah keagamaan oleh Ustadz Ahmad Sapuan yang bertemakan ” Mengetahui Keutamaan Adab dan Akhlaqul Karimah Dalam Menuntut Ilmu Untuk Bekal dimanapun kita berada yang lebih unggul, bukan hanya memperingati maulid nabi saja, akan tetapi agar paham akan makna dari peringatan tersebut.

Adapun acara hikmah Maulid Nabi pada tahun ini, dihadiri oleh Asisten 1 Junaidi Adjam, Kepala Desa Tinjul Amren beserta jajajaran pemeritahan desa, Bripka Darsono, juga dihadiri penceramah yaitu Syekh Muhktar Mutaha. (AB.B)

Comment