207 Bintara Polda Kepri Menampilkan Mental Baja, saat Menjalani Pembaretan

InDepthNews.id (Batam) – Sebanyak 207 Bintara Remaja Polda Kepri kini siap menjalankan tugas sebagai anggota Polri setelah menjalani tradisi pembaretan di Lapangan Tembak Atas Polda Kepri. Upacara sakral ini merupakan tonggak penting sekaligus menjadi bukti komitmen Polri dalam mencetak generasi Polisi yang profesional dan siap menghadapi tantangan tugas di lapangan.

Kegiatan Pembaretan dipimpin Wadirsamapta Polda Kepri AKBP Ike Krisnadian, S.I.K., M.Si., Para Perwira Ditsamapta Polda Kepri beserta Personil Ditsamapta Polda Kepri, Kamis (1/8/2024).

_Long march_ sejauh 11 kilometer menjadi tantangan awal bagi para Bintara Remaja. Rute yang menantang dan cuaca yang tidak menentu tidak menyurutkan semangat mereka untuk mencapai garis _finish_. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji mental, fisik, dan disiplin para calon anggota Polri.

Setelah berhasil menyelesaikan _long march_, para Bintara Remaja kemudian mengikuti Upacara Pembaretan. Dalam suasana yang khidmat, satu per satu baret disematkan pada kepala mereka sebagai simbol pengabdian kepada negara dan bangsa.

Dalam sambutannya, Wadirsamapta Polda Kepri AKBP Ike Krisnadian, S.I.K., M.Si., berpesan agar para Bintara Remaja selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, disiplin, dan loyalitas. Beliau juga menekankan pentingnya peran satuan Samapta sebagai garda terdepan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“_Long march_ yang baru saja kalian lalui telah melatih fisik dan mental kalian. Keterampilan ini akan sangat berguna dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian, terutama ketika harus berhadapan dengan situasi yang sulit dan menuntut fisik yang prima. Selain itu, pelatihan yang telah kalian terima, seperti Turjawali, Dalmas, Tipiring, TPTKP, Negosiasi dan kemampuan SAR, akan melengkapi kemampuan kalian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Wadirsamapta Polda Kepri AKBP Ike Krisnadian, S.I.K., M.Si.

Kemudian, Wadirsamapta Polda Kepri AKBP Ike Krisnadian, S.I.K., M.Si., juga menyampaikan bahwa setelah melewati berbagai rintangan dan berhasil menyelesaikan _long march_, kita bersama-sama melaksanakan upacara pembaretan dan diakhiri dengan sujud syukur. Sujud syukur ini adalah ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. Mari kita jadikan momen ini sebagai titik awal untuk mengabdi kepada negara dan bangsa.

Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menambahkan pesan kepada masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store.

Acara ini ditutup dengan meriah oleh yel-yel yang dilantunkan para Bintara Remaja, menunjukkan semangat juang yang membara dan siap mengabdi untuk negeri.  (Vins)

Comment