by

Rapat LPJ Dana Desa Tinjul Tahun 2021. Amren Harap Masyarakat Ikut Berpartisipasi Dalam Pengawasan Dana Desa.

InDepthNews.id (Lingga) – Dalam upaya transparansi penggunaan Dana Desa (DD) Amren selaku Kepala Desa (Kades) Tinjul Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga Provinsi Kepri berharap Partisipasi masyarakat dalam pengawasan program Alokasi Dana Desa (DD/ADD) terutama dimasa dirinya menjabat sebagai Kades Tinjul.

“Saya berharap masyarakat desa tinjul untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan karena transparansi publik sangat diperlukan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Desa,” Kata Amren dalam Rapat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2021 di Gedung Sembayung Sekanak Desa Tinjul, Rabu (5/1/2022).

Dalam penyampaian itu Amren juga menjelaskan dalam APBDes Desa Tinjul Tahun 2022 tidak ada anggaran yang dipangkas, semua kegiatan yang diajukan dalam APBDes Tahun 2022 disetujui untuk dilaksanakan.

“Alhamdulillah untuk APBDes Desa Tinjul Tahun 2022 tidak ada anggaran yang dipangkas itu semua berkat peran aktif dari BPD dan masyarakat, saya juga berharap pendamping desa dari kecamatan bisa bersinergi sehingga desa kita bisa mendapat aspirasi baik dari kabupaten dan provinsi bahkan dari pusat sehingga desa kita bisa maju dan bisa mengurangi kesenjangan selama ini,” ungkap Amren.

Sementara itu, Agus Saputra selaku Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Desa Tinjul dalam pemaparannya dana Desa Tinjul di Tahun 2021 terjadi Silpa sekitar Rp. 43.000.000,- (empat puluh tiga juta rupiah) dan Silpa tersebut akan di gunakan untuk kegiatan di Tahun 2022 ini.

Agus juga menekankan akan pentingnya transparansi dan akuntabilitas penggunaan Dana Desa, Karena Berdasarkan Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil uji parsial, akuntabilitas sangat berpengaruh signifikan terhadap kualitas informasi laporan keuangan desa.

“Dan berdasarkan penelitian, uji simultan menunjukkan Partisipasi masyarakat, kemampuan manajemen Kepala Desa dan transparansi juga sangat berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas informasi laporan keuangan desa tinjul, tahun 2021,” Ungkap Agus.

Dijelaskan Agus, Penelitian dengan menggunakan Metodelogi penelitian kuantitatif ini sengaja dilakukan untuk menunjukkan kualitas LPJ Penggunaan Dana Desa yang dilakukan secara transparan dan melibatkan peran serta masyarakat, ternyata menunjukkan kualitas yang sangat baik terhadap pelaporan dan penggunaan dana desa.

“Transparansi dan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan penggunaan dana desa menunjukkan kualitas yang baik terhadap LPJ penggunaan dana desa Tinjul ditahun 2021, ” Pungkas Agus

Adapun dalam rapat LPJ penyampaian dana Desa 2021 di Gedung Sembayung Sekanak Desa Tinjul Di hadiri oleh pendamping Desa Pendamping kecamatan, Ketua BPD beserta anggota, Kepala Desa Tinjul Amren beserta stafnya, RT/RW, Tokoh Masyarakat dan Ketua LAM Desa Tinjul.

Rapat penyampaian LPJ anggaran Tahun 2021 juga di sejalankan dengan pengesahan Peraturan Desa (Perdes) oleh Ketua BPD Desa Tinjul Alam syah

(Abu)

Comment

News Feed